Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tidur Siang



Manfaat Penting Tidur Siang
Sebuah Perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas karyawannya disarankan untuk menyediakan tempat tidur di kantornya. Tidak perlu luas seperti tempat tidur dirumah, namun cukup sebuah tempat yang bisa digunakan untuk berbaring. Maka ketika bangun, dipastikan karyawan anda akan menjadi lebih segar dan siap menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan.

Hasil studi yang dipublikasikan di harian Inggris The Guardian, menunjukkan hanya 10 % dari 1.000 karyawan mengaku mendapatkan ide-ide cemerlang di meja kerja. Sedangkan 30 % mendapatkan pemikiran luar biasa ketika berbaring di tempat tidur. Bahkan beberapa orang mendapatkan kombinasi ide-ide menakjubkan saat bermimpi dalam tidur, dan ketika diterapkan di kantor tentu akan mampu menyelesaikan persoalan berat di kantor.

Maka dari itu, tentu Salah satu cara terbaik agar karyawan bisa menyelesaikan problem berat, adalah membiarkan mereka Tidur Siang dalam 30 hingga 60 Menit sehingga pikiran menjadi lebih fresh. Dan akan meningkatkan kesiapsiagaan tubuh, dan memulihkan mood. Pada dasarnya, dorongan untuk tidur siang ada dalam jam biologis tubuh, dan akan terjadi antara pukul 13.00-16.00.

Namun yang menjadi masalah adalah saat ini, tidur siang terutama di kantor dianggap memanjakan badan. Banyak pekerja keras bahkan menganggap kegiatan tersebut dinilai terlalu membuang-buang waktu. Dan diketahui lebih dari 60 % orang dewasa di Amerika yang tidak tidur siang, akan mengalami rasa mengantuk selama bekerja. Dalam sebuah perhitungan diketahui bahwa Ongkos kehilangan produktivitas kerja yang harus dibayar akibat rasa kantuk ketika bekerja tersebut mencapai 18 milliar dolar AS setiap tahun.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal Proceedings of the National Academy of Sciences, berlawanan dengan penelitian yang dilakukan sebelum dengan hasil Tidur siang akan Meningkatkan Produktivitas. Namun penelitian tersebut mengatakan bahwa banyak tidur akan menurunkan kemampuan otak. Namun para peneliti meyakinkan bahwa tidur siang bukan berarti memperbanyak waktu tidur, yang terpenting adalah jumlah keseluruhan tidur dalam satu hari masih dalam batas wajar, yaitu 6-7 jam untuk orang dewasa.

Kesimpulan:


  • Tidur siang selama 30 – 60 Menit akan meningkatkan Produktivitas konsentrasi, kesiapsiagaan tubuh dan Mood Seseorang,
  • Rasa kantuk saat waktu kerja akan mengurangi produktivitas Karyawan dengan kerugian 18 milliar dolar AS setiap tahun.
  • Tidur siang bukan berarti memperbanyak tidur, Karena jumlah jam tidur yang baik untuk orang dewasa adalah 6-7 jam.

Post a Comment for "Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tidur Siang"