Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menambah Semangat Dalam Berolahraga



Apakah anda adalah orang  yang malas untuk berolahraga atau hanya mau berolahraga dalam waktu yang singkat? Apabila demikian, sebaiknya anda mengajak pasangan atau teman untuk berolahraga bersama. Hal ini diperkuat oleh Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswi, menunjukkan berolahraga bersama pasangan atau teman akan membuat anda lebih bersemangat, lebih kuat secara fisik sehingga dan dapat memacu motivasi Anda.

Mereka yang disandingkan dengan pasangan atau teman saat berolahraga menunjukkan kinerja lebih baik dibanding apabila mereka berolahraga sendirian. Para Penelitian ini juga menemukan, ketika dipasangkan dengan rekan yang lebih kuat, meskipun melakukan olahraga lebih lama, mereka tidak merasa lebih capek dari pada orang yang berolahraga sendirian.

Sehingga apabila anda bertujuan agar dapat lebih lama berolahraga, lakukan dengan rekan yang lebih kuat dan dapat membuat perbedaan besar. Adanya rekan dalam berolah raga akan mempermudah dalam mencapai target bahkan lebih dari target yang anda tetapkan.

Metode Penelitian

Penelitian tersebut melibatkan 58 mahasiswi di Michigan State University yang dinilai untuk kebugaran fisik dan aktivitas fisik secara teratur. Mereka diharuskan bersepeda stasioner sebanyak enam sesi yang masing-masing dilakukan selama 60 menit dalam waktu empat minggu. Kemudian mereka diajak  ke laboratorium untuk melakukan beberapa sesi latihan lain.  Masing-masing peserta diberitahu bahwa ada seorang teman di ruangan lain yang  berolahraga yang dapat dilihat melalui layar video.  Mereka diberitahu bahwa rekan "vitual" ini melakukan latihan yang sama dengan waktu yang lebih lama, sekitar 40 persen, dari latihan mereka lakukan. Hal ini diperkirakan akan menginspirasi dan memacu mereka untuk melakukan latihan lebih lama.

Dari metode penelitian menganai lama waktu berolahraga tersebut, didapatkan hasil bahwa para mahasiswi yang meyakini dirinya berlatih bersama tim mampu berolahraga 200 persen lebih lama apabila dibandingkan dengan berolahraga sendirian.

Hasil penelitian kecil ini dapat diterapkan pada hal lain, bukan hanya pada urusan olahraga atau aktivitas fisik. Seperti ketika makan, apabila anda makan bersama orang lain dan melihat makanan yang ia pesan lebih baik, maka anda akan termotivasi untuk memilih makanan yang lebih baik juga. Dan mungkin saja apabila anda berada dalam lingkungan orang-orang yang berperilaku positif, maka efek positif dapat menular kepada anda, sehingga anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Kesimpulan:

  • Apabila anda ingin berolahraga lebih lama, maka carilah pasangan yang dapat membuat Anda tertantang,
  • Kekuatan rekan berolah raga akan mempengaruhi kemampuan kerja anda.

Post a Comment for "Tips Menambah Semangat Dalam Berolahraga "