Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Siklus Menstruasi dan Menstruasi

Siklus menstruasi diawali setelah seorang wanita mencapai pubertas, biasanya di umur 8-16 tahun. Proses Menstruasi ini melibatkan banyak perubahan fisik, dan sekaligus sebagai tanda siapnya seorang perempuan mengalami kehamilan. Darah dan jaringan yang merupakan bagian dari perdarahan menstruasi dibuang melalui vagina berupa gumpalan atau darah cair. Pendarahan Menstruasi ini disebut periode bulanan yang biasanya terjadi selama tiga sampai lima hari. Periode umumnya dimulai pada usia 12, namun antara wanita satu dengan yang lain dapat bervariasi antara usia delapan hingga enam belas tahun.
Hormon adalah yang bertanggung jawab untuk mengendalikan siklus menstruasi wanita,  dimulai dari hari periode dimulai, sampai dengan awal periode Menstruasi berikutnya. Pada Siklus Menstruasi Normal Fase ini memakan waktu sekitar 28 hari setiap bulan dan tentu dapat berbeda pada wanita. Siklus Menstruasi dianggap normal, apabila sedikit lebih pendek atau lebih lama
Mengatasi Rasa Nyeri saat Menstruasi
Pada sebagian wanita, Menstruasi akan menyebabkan gejala seperti lelah, nyeri otot, kram perut, sakit kepala, dan rasa nyeri pada payudara. Kebanyakan wanita juga mengalami Premenstrual Syndrome (PMS), satu atau dua minggu sebelum periode menstruasi dimulai. Perubahan hormon selama periode Menstruasi ini yang menyebabkan PMS. Perubahan tersebut biasanya menyebabkan perempuan mengalami perubahan suasana hati, kecemasan bahkan depresi.
Untuk Mengatasi Rasa Nyeri saat Siklus Menstruasi yang berlebihan anda bisa mengkonsumsi Vitamin B1, B2, D, Biji-bijian utuh, Chaste Tree Berry, Kalsium, Magnesium, Evening Primrose Oil, Akupunktur, Pemijatan, Merubah Pola Makan, Mengurangi Konsumsi Garam, dan Olah Raga secara Terartur. Namun apabila gejala yang anda alami semakin memburuk atau sampai menyebabkan pingsang, segera lakukan pemeriksaan ke Dokter.
Ringkasan:
  • Menstruasi dimulai antara umur 8 hingga 16 tahun,
  • Siklus Menstruasi yang Normal antara satu wanita dengan yang lain akan berbeda,
  • Rasa Nyeri saat Menstruasi bisa diatasi dengan beberapa cara alami yang aman.

Post a Comment for "Memahami Siklus Menstruasi dan Menstruasi"