Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Menstruasi tidak Teratur dan Pengobatannya

PenyebabMenstruasi tidak Teratur adalah stres, depresi, kecemasan, penggunaan obat-obatan (termasuk Alat Kontrasepsi), aktivitas yang berat, kurang tidur, menopause, terjadinya ovulasi tertunda, sindroma ovarium polikistik dan kista endometriosis. Beberapa perempuan sering khawatir apabila mengalami keterlambatan siklus menstruasi. Karena sering dihubungkan terhadap kehamilan tak direncanakan atau adanya gangguan hormonal yang menjadi penyebab terjadinya ganguan masa subur wanita.

Perempuan akan mengawali siklus 12-13 tahun, bahkan beberapa wanita telah masuk dalam siklus menstruasi pertama di usia 9-10 tahun. Teratur atau tidaknya Siklus menstruasi perempuan dipengaruhi oleh berbagai macam hal baik psikologis maupun hormonal. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa menstruasi adalah refleksi dari pikiran wanita, dan periodenya didasarkan pada keadaan psikologis wanita tersebut. 


Pengobatan Menstruasi Tidak Teratur


Adapun bagi anda yang mempunyai gangguan dalam siklus menstruasi bisa melakukan tips-tips alami sebagai berikut:

Gunakan Wijen dan Jaggery (Gur)
Sangrai biji wijen hitam atau putih dan setelah matang haluskan hingga menjadi bubuk. Campur bubuk tersebut dengan jaggery (pemanis alami yang terbuat dari hasil konsentrasi jus tebu ) dan konsumsilah di pagi hari (saat bangun tidur) ketika perut masih kosong. Ramuan ini dipercaya membantu mengatur siklus menstruasi secara alami

Jus Ara

Jus buah ara diketahui dapat mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Dan apabila anda sulit mendapatkan buah ini, gangilah dengan buah papaya.


Jintan
Cara ketiga Mengobati Menstruasi tidak teratur dengan cara alami adalah dengan menggunakan setengah cangkir konsentrat jintan dengan minyak til (gingelly atau minyak wijen) dan jaggery.


Lakukan Diet Sehat & Olahraga

Konsumsi makanan sehat, lengkap nutrisi dan olahraga secara teratur bisa membantu untuk membuat menstruasi lebih teratur. Adapun makanan yang dianjurkan adalah yang banyak mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 baik untuk kesehatan rahim. Latihan kardio ringan tiga kali dalam satu minggu juga dianjurkan dilakukan perempuan dengan menstruasi yang tidak teratur atau istri yang sedang program kehamilan.


Lakukan Latihan Yoga

Salah satu manfaat Yoga adalah mampu mengobati berbagai penyakit. Gerakan yoga dengan baddhakonasana, trikonasana, surya Namaskara diikuti Kapala bharti (15 kali) dan nadi shuddhi pranayama selama satu jam sangat membantu untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Terapi yoga ini juga dapat mengurangi fibroid dan kista.

Minum Teh Hijau
Ramuan Teh hijau yang dicampur dengan bahan herbal alami seperti kulit manjishta, madu dan neem dapat menjadi obat yang sempurna untuk anemia, membersihkan darah dan mengatasi siklus menstruasi tidak teratur.


Konsumsi Pare

Buah Pare yang pahit ternyata juga mampu mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Minum jus pare secara teratur diketahui dapat mengobati menstruasi yang tidak teratur.


Tidur Berkualitas

Tidur bagi manusi yang baik adalah 6-8 jam dalam sehari. Tidur yang terganggu bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memicu menstruasi tidak teratur.


Bunga Pisang

Sayur Bunga pisang tidak hanya enak dimakan tetapi juga bisa digunakan untuk Mengobati Haid tidak teratur.

Menghindari Stress
Bebaskan diri dari stres (Depresi, Kecemasan, Dan Ketegangan) memainkan peranan penting untuk Mengobati Siklus Menstruasi yang tidak Teratur.

Selain mengalami Haid tidak teratur beberapa wanita juga mengalami keterlambatan mendapatkan menstruasi yang pertama. Apabila hal tersebut tidak segera diatasi, bisa menjadi indikasi kemandulan secara permanen pada wanita. untuk itu apabila anak anda yang sudah berumur sekitar 15 tidak mengalami Menstruasi, segera konsultasikan kepada dokter, untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Ringkasan
  • Beberapa Penyebab Menstruasi tidak Teratur bisa diatasi dengan cara alami yang mudah didapatkan di rumah tangga,
  • Diet dan konsumsi makanan sehat dan bergizi bisa menjadi salah satu metode pengobatan Menstruasi tidak Teratur,
  • Keterlambatan menstruasi setelah 15 tahun bisa menjadi indikasi kemandulan permanen.

Post a Comment for "Penyebab Menstruasi tidak Teratur dan Pengobatannya"