Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Masa Subur Wanita dengan 5 Cara Pasti


Pengujian Masa Subur Wanita
Masa Subur Wanita adalah ketika organ reproduksi wanita siap melepas sel telur yang sudah matang, agar dapat dibuahi oleh sel sperma. Pada masa subur, wanita mengalami perubahan komposisi hormon progesteron dan estrogen yang dapat dibuktikan dari kandungan air liur, air seni, dan suhu tubuh wanita. Sehingga untuk mengetahui masa subur wanita bisa dilakukan dengan tanda-tanda pasti seperti dibawah ini:

Pengujian Masa Subur Melalui Air Seni

Mengetahui Masa Subur Wanita melalui Air Seni, bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang saat ini terjual bebas di apotik. Cara penggunaannya juga sederhana, cukup dengan meneteskan air seni. Setelah beberapa saat, alat akan menunjukan tanda perubahan yang mengindikasikan kesuburan wanita. Yang menjadi kekurangan dari alat ini adalah, sementara baru diciptakan alat untuk sekali pakai, dan harganya cukup mahal.

Pengujian Masa Subur dengan Media Air Liur

Alat untuk mengetahui masa subur dengan air liur bisa menggunakan alat berbentuk mirip mikroskop mini dengan bentuk menyerupai lipstik. Cara penggunaannya adalah, letakan air liur di gelas teropong. Diamkan selama 5 menit, setelah itu nyalakan lampu pada alat dan putar-putar pengatur lensa ke kiri dan kanan, untuk mendapat tampilan terbaik. Tampilan air liur wanita dalam masa subur dari teropong akan terlihat berbeda, apabila dibandingkan dengan wanita yang tidak berada dalam masa subur.

Apabila tampilan berupa gambar kosong atau bintik-bintik tidak jelas, berarti wanita dalam keadaan tidak subur. Namun apabila terlihat bentuk berstruktur bebatuan dengan beberapa bentuk mirip tulang-tulang daun, menandakan dalam waktu dekat (sekitar 3 hari) wanita akan mengalami ovulasi (pelepasan sel telur). Sedangkan apabila terlihat bentuk struktur tulang-tulang daun yang saling bersilangan, maka wanita sedang dalam masa ovulasi.

Agar hasil yang didapatkan maksimal, air liur yang digunakan adalah air liur pertama, yang belum “terpolusi” oleh makanan, rokok, maupun minuman, dan diproduksi secara spontan atau tanpa paksaan. Harga alat pengujian masa subur ini cukup murah, sekitar Rp 160.000 untuk penggunaan 3 tahun, dengan tingkat efektivitas 98%.

Perhitungan Masa Subur dengan Sistem Kalender

Perhitungan masa subur dengan system kalender sederhana bisa dilakukan dengan, menambahkan 13 hari hari haid terakhir. Dan untuk masa pra-subur dihitung dengan mengurangi atau menambahkan 3 hari. Sebagai contoh apabila haid terakhir tanggal 7, maka saat ovulasinya adalah tanggal 20 (7+13). Sedangkan masa pra-subur adalah antara tanggal 17 ( 7+13-3) sampai tanggal 23 (7+13+3). Kekurangan perhitungan masa subur dengan system kalender adalah hanya berlaku pada wanita yang mempunyai siklus teratur antara 28-35 hari.

Pengukuran Suhu Basal Wanita

Pengukuran suhu bisa dilakukan pada lidah atau dubur, karena apabila pengukuran suhu melalui ketiak berpeluang terjadi penyimpangan. Akurasi pengujian masa subur dengan metode ini bisa mencapai 80 %, dengan catatan pengukuran dilakukan secara teratur dan pada jam tertentu setiap hari sejak terakhir masa menstruasi. Yaitu setiap bangun tidur sebelum turun dari ranjang, lakukan pengukuran suhu sambil berbaring selama 5 menit.

Suhu setiap hari, harus dicatat, dan apabila suhu tubuh mengalami kenaikan, bisa menjadi indikasi wanita tersebut masuk dalam masa subur. Grafik peningkatan suhu ini akan kembali turun, bersamaan dengan berlalunya masa subur sampai dengan masuknya siklus haid bulan berikutnya. Namun apabila suhu tetap tinggi sampai 3 minggu, bisa menjadi indikasi bahwa anda sedang hamil.

Pengujian Masa Subur Lendir Kesuburan
Pengujian masa subur dengan metode ini memang cukup sulit dilakukan oleh orang awam. Sebagai tanda sederhana wanita dalam masa subur akan menghasilkan lendir dari vagina yang tidak mudah putus ketika direnggangkan dengan menggunakan jari. Namun, apabila lendir tersebut berbau dan menyebabkan rasa gatal, kecurigaan mengenai keputihan harus dilakukan.

Ringkasan:

  • Masa Subur Wanita adalah ketika terlepasnya sel telur di dalam rahim untuk siap dibuahi,
  • Metode Pengujian Masa Subur bisa dilakukan dengan Air Seni, Air Liur, Sistem Kalender, Suhu Basal Wanita, Lendir Kesuburan.

Post a Comment for "Mengetahui Masa Subur Wanita dengan 5 Cara Pasti"