Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembalut Wanita Tidak Sehat Memicu Vulvitis


Pembalut Wanita Tidak Sehat biasanya diakibatkan oleh selogan wanita yang ingin Praktis dan hemat, sehingga lebih memilih pembalut dengan harga murah. Namun apabila pembalut tersebut dapat merugikan kesehatan wanita tentu harus slogan tersebut harus di buang jauh. Salah satu resiko menggunakan pembalut yang tidak sehat adalah wanita akan mengalami peradangan dengan tanda perubahan warna vulva menjadi kemerahan, terasa gatal dan luka lecet (iritasi) pada Organ Vital vagina bagian luar. Selain murah cirri-ciri Pembalut Wanita tidak sehat adalah, permukaan kasar, keras, tidak lentur, berbau menyengat dan tidak nyaman digunakan.

Gejala Gangguan tersebut diatas, disebut Vulvitis  dalam dunia medis atau peradangan pada vulva yang disebabkan reaksi alergi dari pembalut yang digunakan. Merawat Kesehatan OrganVital wanita sebenarnya tidak sulit, namun apabila tidak tepat akan menimbulkan infeks. Organ kewanitaan ini adalah area yang lembab dan sensitive, sehingga apabila sirkulasi udara kurang akan berpotensi menjadi sarang dan berkembang biak.

Penyebab dan Gejala Vulvitis

Selain alergi yang dikarenakan pembalut, Vulvitis juga disebabkan karena penyebab lain yang diantaranya; bakteri,  perubahan hormonal, virus, penyakit sistemik, kurang menjaga kebersihan, obat kimia, dan alergi kondom. Adapun gejala alergi vulvitis adalah bagian luar organ kewanitaan terasa gatal, terasa bengkak meradang, panas seperti terbakar, berubah warna kemerahan  disertai (atau tanpa) bintik - bintik merah berair bahkan terjadi lecet (iritasi), kulit  luar vagina kasar dan bersisik kemerahan, bahkan kadang disertai  dengan gejala keputihan. Apabila yang anda gunakan tidak  segera diganti  reaksi alergi ini akan bertambah parah dan meningkat menjadi infeksi yang tentu lebih berbahaya.

Pengobatan Elergi Pembalut Wanita
Apabila saat ini anda mengalami reaksi alergi pembalut wanita, segera lakukan penanganan sebagai berikut:
  1. Hentikan penggunaan pembalut yang saat ini anda gunakan, dang anti dengan merk lain. Apabila diperlukan gunakan pembalut yang anda buat sendiri dengan menggunakan bahan handuk atau katun lembut. Anda juga harus memakai pakaian dalam yang longgar dan berbahan katun dan Hindari penggunaan celana dalam ketat dan dengan bahan sintetis,
  2. Ganti pembalut lebih sering, dan hindari penggunaan tampon atau douch vagina  terlebih saat menstruasi,
  3. Jangan gunakann obat salep tanpa pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Karena penggunaan salep pada organ kewanitaan harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya (alergi, jamur atau infeksi).
  4. Lakukan pembersihan vagina saat pipis atau buang air besar dengan benar, yaitu dati arah depan menuju belakang dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih dan kering. Hindari juga penggunaan sabun, antiseptic, aneka ramuan atau pewangi yang mengandung zat kimia.
  5. Apabila Radang Vulva tidak juga sembuh, segera Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan, untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Ringkasan:
  • Pembalut Wanita Tidak Sehat biasanya dijual dengan harga yang murah, permukaan kasar, keras, berbau dan tidak nyaman dipakai,
  • Pemakaian pembalut yang tidak tepat akan meningkatkan resiko infeksi Vulvitis,
  • Ciri-Ciri Pembalut Wanita yang tidak sehat adalah permukaan kasar, tidak lentur, berbau, dan tidak nyaman saat digunakan.

Post a Comment for "Pembalut Wanita Tidak Sehat Memicu Vulvitis"