Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Gondongan Memicu Kemandulan Pria

Penyebab Kemandulan Pria
Penyakit Gondongan sering dialami oleh anak-anak baik laki-laki maupun perempuan, namun memang tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa mengalami penyakit gondongan. Ciri Penyakit Gondongan adalah terjadinya pembesaran kelenjar ludah terutama kelenjar yang terletak di depan telinga. Akibat pembengkakan ini, biasanya wajah penderita akan terlihat lebih gemuk , karena adanya benjolan dari bawah telinga dan biasanya hingga bagian tengah pipi.

Penyakit Gondongan dapat menular melalui percikan ludah, muntahan, dan urin. Penyakit yang disebabkan oleh virus dari golongan paramyxovirus, dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui saluran getah bening menuju kelenjar ludah dan organ tubuh manusia lainnya termasuk susunan saraf pusat (otak dan saraf spinal), pankreas, indung telur (ovarium) pada wanita, dan buah zakar (testis) pada pria.

Komplikasi Gondongan Memicu Kemandulan

Komplikasi gondongan yang menyebabkan menjalarnya virus paramyxovirus ke organ tubuh manusia yang lain ternyata juga dapat memicu terjadinya kemandulan / steril. Kemandulan karena gondongan hanya dapat terjadi pada anak pada masa pubertas yang mengalami pubertas. Dan tidak dapat terjadi pada wanita. Adapun Gejala Gondongan yang akan menyebabkan kemandulan, diantaranya adalah:
  • Penderita mengalami demam tinggi, dan biasanya disertai menggigil,
  • Rasa nyeri tekan pada buah zakar bagian kanan atau kiri,
  • Buah zakar juga ikut membengkak dan lunak, serta warna kulit terlihat kemerahan,
  • Sakit kepala,
  • Rasa nyeri pada perut bagian bawah,
Pembengkakan pada buah zakar biasanya berlangsung terjadi dalam waktu  4 hari dan akan segera menghilang. Kemandulan pada Pria akibat Gondongan memang jarang yang sampai total, hanya tingkat kesuburan Pria akan lebih rendah. Namun tentu kemandulan Total pada pria sangat mungkin terjadi karena Gondongan. Dan untuk itu, Mengobati Penyakit Gondongan bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • BedRest selama masa panas dan kelenjar air liur atau testis masih membengkak,
  • Konsumsi obat analgesik/penghilang nyeri,
  • makanan yang dikonsumsi harus cair atau lunak,
  • Konsumsi Obat Gondongan seperti kortikosteroid selama 2-4 hari,
  • Apabila terjadi komplikasi pada buah zakar, maka penderita harus istirahat total dan melakukan kompres pada area tersebut.
Mencegah Penyakit yang menjadi salah satu  Penyebab Pria Mandul ini, bisa dilakukan dengan vaksinasi yang dilakukan pada bayi usia 15 bulan dan biasanya diberikan bersama saat MMR (vaksin campak (morbili) dan campak jerman (rubella)). Pemberian vaksin tidak akan menyebabkan demam atau reaksi lain, dan juga tidak menularkan virus ke anak yang lain. Dan bagi remaja yang telah berkontak dengan penderita gondongan namun belum pernah menderita penyakit gondongan, juga bisa diberikan vaksin agar mempunyai imunitas lebih tinggi terhadap virus paramyxovirus.

Ringkasan:
  • Komplikasi Penyakit Gondongan bisa menyebarkan virus ke susunan saraf pusat, pankreas, indung telur, testis),
  • Penyakit Gondongan yang dialami pada pria masa pubertas bisa memicu terjadinya kemandulan,
  • Pencegahan Gondongan bisa dengan melakukan vaksinasi pada bayi usia 15 bulan atau saat remaja yang belum pernah mendapatkan vaksin.

Post a Comment for "Penyakit Gondongan Memicu Kemandulan Pria"