Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan
Mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan mungkin menjadi persoalan yang cukup memusingkan bagi wanita. Hal lebih dikarenakan, kebanyakan wanita mengalami kaki bangkak saat hamil, namun ternyata kondisi ini tidak sedikit yang mengalaminya setelah persalinan. Meski cukup mengganggu dan membuat panik, sebaiknya anda tidak perlu khawatir, karena kondisi tersebut biasa terjadi dan bisa hilang dengan sendirinya.

Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan adalah karena terhambatnya aliran darah di kaki dan peningkatan volume darah selama hamil yang didistribusikan dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Kondisi ini akan lebih sering terjadi apabila saat persalinan, ibu mengalami hipertensi (Tekanan Darah Tinggi).

Adapun Cara Mengatasi Mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:
  1. Meninggikan posisi kaki, baik saat duduk ataupun saat tidur. Apabila anda sedang duduk santai atau tidur, letakan ganjalan untuk meletakkan kaki, agar posisi telapak kali lebih tinggi dibandinggan pantat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi cairan yang menumpuk di area pergelangan kaki setelah persalinan.
  2. Jangan menyilangkan kaki saat duduk, karena posisi tersebut dapat menghambat peredaran aliran darah sehingga akan memperburuk kondisi pembengkakan. Sehingga ana harus selalu memposisikan telapak kaki rata dengan lantai atau malah lebih tinggi.
  3. Meluangkan waktu untuk peregangan, dengan cara berdiri dan berjalan-jalan di rumah atau rumah sakit terutama apabila anda melakukan proses persalinan normal. Dengan melakukan aktifitas ini  akan membantu sirkulasi peredaran darah lebih lancar.
  4. Rendam kaki dengan air garam, karena kandungan mineralnya mengurangi kelelahan dan mengurangi bengkak di kaki. Adapun cara membuat ramuannya adalah melarutkan garam pada air hangat, lalu gunakan untuk merendam kaki agar lebih rileks dan ringan. 
  5. Jangan menahan kencing, karena bekas jahitan saat persalinan tidak cepat kering dan perih. Ketakutan tersebut sangat salah, karena air kencing tidak mempengaruhi cepat lamanya jahitan bekas persalinan menjadi kering.
  6. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter sehari,
  7. Anda bisa mengoleskan ramuan beras, kencur, asam dan garam yang telah dicampur dan dihaluskan.
Ketujuh cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan tersebut diatas bisa anda lakukan sendiri tanpa pengawasan tenaga medis. Namun apabila pembengkakan tidak berkurang setelah satu minggu segera lakukan pemeriksaan ke bidan atau rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Ringkasan:
  • Mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan bisa dilakukan dengan cara alami dan tampa pengawasan tenaga medis,
  • Merendam kaki dengan air garam bisa mengurangi pembengkakan kaki setelah persalinan,
  • Apabila dengan cara alami pembengkakan kaki setelah melahirkan tidak juga berkurang, maka segera hubungi dokter.

Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan"