Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Bayi Meninggal saat Persalinan

Bayi Meninggal saat Persalinan
Bayi Meninggal saat Persalinan memang banyak penyebabnya, bisa karena keracunan, kesalahan proses persalinan, adanya virus, dan salah satunya bisa disebabkan karena posisi tidur yang salah. Karena berdasarkan penelitian terbaru di Selandia Baru, menyarankan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri dengan tujuan mengurangi risiko kematian pada bayi yang dilahirkan. Hal ini menjadi solusi sementara terhadap, banyaknya bayi meninggal saat dilahirkan di seluruh dunia.

Beberapa penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Organisasi Kesehatan Dunia menemukan bahwa lebih dari 2,6 juta bayi meninggal saat persalinan, atau dengan kata lain setiap hari lebih dari 7.200 bayi meninggal saat dilahirkan. Untuk selanjutnya Tim Stacey melakukan wawancara terhadap 155 perempuan di Auckland yang melahirkan  bayi meninggal, antara Juli 2006 dan Juni 2009 ketika mereka setidaknya hamil 28 minggu. Mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol 310 wanita dengan kehamilan yang sedang berlangsung.

Namun memang para peneliti  mengatakan, bahwa ibu hamil tidak perlu khawatir karena risikonya masih sangat kecil. Diketahui bahwa kemungkinan bayi lahir meninggal dari ibu hamil yang tidur tidak miring ke kiri hanya 3,93 per 1.000 angka persalinan. Dan angka kematian akan menurun menjadi 1,96 per 1.000 persalinan, apabila ibu hamil tidur dalam posisi miring kiri.

Hubungan Janin Meninggal dengan Pola Tidur Tepat yang signifikan juga ditemukan antara tidur teratur pada siang hari, atau tidur lebih lama  di malam hari yang dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan adanya hubungan dengan aliran darah ke bayi dari ibu hamil. Hasil penelitian ini merupakan hipotesis baru dan sehingga harus mulai melihat masalah ini lebih dekat dan harus dilakukan penelitian lebih lanjut di masa depan.

Meski penelitian ini belum lebih mendalam, namun untuk sementara telah ditemukan cara yang sederhana, murah dan alami untuk mengurangi jumlah janin lahir meninggal, sehingga tidak perlu menggunakan obat dan tidak ada efek samping. Sehingga tidak ada salahnya apabila anda memulai untuk melakukan tidur posisi miring ke kiri, tidur siang teratur dan mencukupkan tidur malam. Dan untuk meningkatkan porsi tidur di malam hari, bisa didapatkan dengan senam hamil.

Ringkasan:
  • Penyebab Bayi Meninggal saat Persalinan adalah keracunan, adanya virus, dan posisi tidur yang salah,
  • Angka kematian bayi saat dilahirkan karena tidak tidur miring mencapai menjadi 3,93 per 1.000 persalinan,
  • Mencegah Bayi Meninggal saat Persalinan bisa dengan posisi miring ke kiri, tidur siang teratur dan mencukupkan tidur malam.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA

Post a Comment for "Mencegah Bayi Meninggal saat Persalinan"