Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Pernapasan untuk Mempercepat Persalinan Normal

Latihan Pernapasan Ibu Hamil
Mempercepat Persalinan Normal memang bisa diusahakan dengan berbagai cara, mulai dari latihan senam hamil dan salah satunya adalah Latihan pernapasan. Adapun proses persalinan dimulai pada proses bergeraknya janin menuju jalan lahir. Gerakan janin akan terasa sebagai tekanan yang membuat otot-otot rahim menegang. Ketika mengalami hal ini ibu hamil harus tenang. Karena rasa panik ibu hamil, akan membuat otot-otot rahim tegang dan menyebabkan nyeri saat proses persalinan normal.

Pada saat seperti inilah, teknik pernafasan yang benar dapat membuat Ibu Hamil lebih rileks sangat dibutuhkan. Dengan kondisi yang rileks, maka oksigen dapat masuk ke dalam tubuh secara maksimal. Dan perlu anda ketahui bahwa Oksigen merupakan bahan bakar penting untuk kinerja otot-otot rahim, sehingga mampu mengejan dengan sempurna. Maka dari itu, latihan pernapasan ini bisa dimasukan dalam latihan Gerakan Senam Ibu Hamil.

Adapun tiga teknik pernafasan yang bisa dilatih oleh Ibu Hamil, adalah sebagai berikut:

Latihan Pernafasan Tidur

Teknik pernapasan ini dilakukan agar ibu hamil rileks saat mengalami kontraksi dan sekaligus dapat menghemat tenaga sampai waktu di mana ibu harus mengejan untuk mendorong kepada janin menuju jalan lahir. Adapun tahapan latihannya, adalah sebagai berikut:
  • Posisi ibu hamil berbaring nyaman di atas kasur/sofa. Letakkan satu bantal untuk menyangga kepala dan leher, serta satu bantal lagi di bawah lutut atau di bawah pinggang (sesuaikan kenyamanan ibu) dan Lutut sedikit ditekuk.
  • Tutup mata secara perlahan. Tarik nafas dari perut sambil berhitung dalam hati, dan rasakan sensasi perut mengembang saat menghirup nafas melalui hidung.
  • Saat mengembuskan nafas, anda juga menghitung dalam hati bersamaan dengan menghembuskan nafas perlahan melalui hidung atau mulut.

Latihan Pernafasan Perlahan

Teknik penting saat proses persalinan adalah latihan pernafasan perlahan, hal ini karena ibu dapat menyesuaikan dengan panjangnya gelombang kontraksi. Latihan pernapasan ini bisa dilakukan setiap hari beberapa menit saat bangun tidur atau sebelum tidur malam, dengan cara sebagai berikut:
  • Posisi Ibu Hamil berbaring telentang atau miring.
  • Posisi tangan Ibu Hamil di perut bagian atas.
  • Secara Perlahan-lahan tarik nafas dalam hitungan cepat 1-20. Menarik nafas pendek dapat membuat ibu hamil cepat lelah sehingga mungkin harus menarik nafas beberapa kali lagi untuk menyamai panjang gelombang kontraksi. Setelah itu hembuskan nafas secara perlahan.
Apabila memungkinkan, tarik nafas dua kali dalam satu kali kontraksi dan jangan menahan nafas. Lemaskan badan agar tidak tegang. Dan saat menarik nafas, pikiran fokus pada perut yang mulai mengembang.

Latihan Pernafasan Lanjut

Teknik Pernapasan Lanjut dapat membantu Ibu Hamil lebih rileks dengan cepat dan mudah sehingga dapat membantu proses persalinan. Adapun teknik Pernapasan Lanjut adalah:
  • Tutup mata,
  • Tarik nafas dalam,
  • Dengan cepat dan tenang, hembuskan nafas, dan rasakan bagian tubuh menjadi rileks.
Anda bisa melatih teknik pernafasan bisa dijadikan satu dengan gerakan senam hamil atau latihan yoga ibu hamil. Dengan latihan rutin dan tepat, diharapakan persalinan normal akan lebih lancar.

Ringkasan:
  • Latihan Pernapasan diharapkan dapat membantu Mempercepat Persalinan Normal pada ibu hamil,
  • Contoh Latihan Pernapasan adalah Pernafasan Tidur, Pernafasan Perlahan, Pernafasan Lanjut,
  • Latihan teknik pernafasan untuk mempercepat persalinan bisa dijadikan satu dengan gerakan senam hamil atau latihan yoga ibu hamil.

Post a Comment for "Latihan Pernapasan untuk Mempercepat Persalinan Normal"