Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Sehat Ibu Hamil untuk Menghilangkan Kelelahan

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Kesehatan Ibu Hamil tentu harus selalu terjaga, mulai dari usia kehamilan trimester pertama sampai trimester akhir. Keluhan rasa lesu, malas, lelah dan juga lemah karena kurang berenergi sering dialami oleh ibu hamil sehingga mereka membatasi aktivitas sehari hari. Namun dengan membaca artikel ini, anda tidak perlu khawatir lagi, karena keluhan-keluhan tersebut bisa diatasi dengan berbagai makanan sehat.

Adapun beberapa makanan yang dapat membantu untuk mengatasi kelelahan pada Ibu Hamil adalah sebagai berikut:
  • Ikan Laut mempunyai kandungan yang berbeda dengan ikan air tawar. Hal ini dikarenakan konsentrasi garam yang terkandung di dalam air laut lebih tinggi. Keunggulan Ikan laut dibandingkan ikan air tawar adalah kandungan asam lemak omega 3 dan antioksidan yang lebih tinggi. Namun ibu hamil harus memilih ikan yang tidak mengandung merkuri tinggi (disarankan untuk memilih salmon, sarden dan tuna).
  • Yoghurt mengandung kalsium, protein, vitamin D dan juga serat yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil. Vitamin dari yoghurt dapat membantu Ibu Hamil mencegah preeclampsia, sedangkan kandungan serat yang tinggi membantu Ibu Hamil mengurangi resiko gangguan pencernaan. Yoghurt juga dapat membantu Ibu Hamil mengurangi kelelahan pada usia kehamilan trimester pertama dan menjelang persalinan. Yoghurt yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jenis yoghurt yang hanya ditambahkan gula atau madu.
  • Buah Pisang untuk ibu hamil bermanfaat untuk menghilangkan kelelahan karena zat besi dalam pisang akan mencegah gangguan anemia pada ibu hamil. Agar tidak bosan anda bisa mengkonsumsi pisang dengan berbagai macam olahan.
  • Bayam mengandung asam folat yang tinggi dan bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Bayam juga mengandung zat besi, yang dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi kelelahan, lesu dan kurang berenergi selama kehamilan karena anemia.
  • Buah Jeruk mengandung vitamin C tinggi, sehingga akan membantu meningkatkan kekebalan di dalam tubuh Ibu Hamil. Jeruk juga mengandung folat yang berfungsi untuk memaksimalkan perkembangan organ janin. 
  • Buah Delima dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga terhindar dari kelelahan dan menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh ibu hamil.
  • Lobak sangat bermanfaat untuk ibu hamil dengan fungsi mengatasi kekurangan kalsium yang menyebabkan gangguan kesehatan termasuk kelelahan selama kehamilan.
Makanan Sehat Ibu Hamil untuk Menghilangkan Kelelahan tersebut diatas tentu mudah untuk didapatkan. Ibu Hamil memang harus selalu menjaga kebugaran, selain dengan makanan sehat anda juga bisa melakukan olah tubuh seperti senam ibu hamil, jalan kaki di pagi dan sore hari serta melakukan pekerjaan rumah yang tidak terlalu berat.

Ringkasan:

  • Ibu Hamil akan sering mengalami keluhan lesu, malas, lelah dan juga lemah karena kurang energi,
  • Makanan Sehat Ibu Hamil untuk Menghilangkan Kelelahan diantaranya ikan laut, Yoghurt, Buah Pisang, Bayam, Buah Jeruk, Lobak, Buah Delima,
  • Agar tetap bugar ibu hamil juga harus tetap beraktivitas ringan seperti senam hamil atau jalan-jalan di pagi dan sore hari.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Makanan Sehat Ibu Hamil untuk Menghilangkan Kelelahan"