Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Bayi Muntah Saat Makan

Mengatasi Bayi Muntah Saat Makan
Bayi Muntah Saat Makan sering terjadi pada beberapa bayi, dan tentu membuat ibu khawatir. Hal ini sering terjadi pada awal-awal pemberian makanan semi padat pendamping ASI, seperti bubur susu, jus buah, biskuit sereal atau nasi tim. Adapun penyebab Bayi Muntah saat Makan bisa karena adanya masalah di sekitar mulut, ataupun pada sistem pencernaannya.

Apabila Bayi Muntah, begitu makanan dimasukan ke mulut, bisa jadi karena adanya masalah pada daerah sekitar mulut bayi. Hal ini wajar terjadi, karena bayi masih dalam tahap proses belajar untuk menelan dan mengunyah makanan, dan akan hilang seiring pertambahan waktu.

Saat bayi memuntahkan makanan, anda tidak boleh memaksanya memasukkan makanan kembali pada posisi bayi mendatar. Hal ini dapat menyebabkan bayi batuk dan muntah, dan berbahaya apabila makanan yang masuk masuk ke saluran pernafasan dan terjadi penyumbatan.

Bayi Muntah karena Gangguan Sistem Pencernaan

Apabila bayi muntah setelah makanan masuk ke dalam lambung setelah sekitar setengah jam, maka ada kemungkinan terjadi gangguan pada sistem pencernaan bayi. Refleks menelan ini makanan padat akan segera membaik setelah usia bayi 6 bulan ke atas. Namun, apabila sampai usia lebih dari 8 bulan tetap sulit menelan makanan, maka anda bisa mengatasinya dengan mengencerkan kembali makanan hingga lebih mudah ditelan.

Bayi Muntah saat Makan Jenis Makanan Baru

Bayi Muntah Saat Makan juga sering terjadi, karena anda memberikan jenis atau rasa yang berbeda kepadanya. Sebagai contoh, saat anda memberikan makanan semi padat, yang sebelumnya encer. Maka, sangat mungkin pada awal pengenalan bayi tidak mengenal atau bahkan tidak menyukai jenis makanan yang Anda berikan, sehingga menolak dan memuntahkan makanan tersebut. Pada kondisi ini, anda tidak boleh memaksakan, karena bisa menyebabkan trauma. Dan sebagai solusi anda bisa sedikit mengencerkan agar buah hati anda mau makan.

Bayi Muntah karena Rasa makanan Berbeda

Bayi Muntah juga bisa disebabkan karena makanan pendamping ASI yang Anda berikan tidak disukai oleh buah hati, sehingga anda sebaiknya mengganti dengan jenis atau rasa yang lain. Selama usia enam bulan, bayi hanya mengenal rasa manis dari ASI. Dan ketika Anda memberikan nasi tim atau bubur, maka biasanya akan menolak karena rasanya yang asin dan tidak semanis ASI. Sehingga anda bisa mengatasinya dengan membuat variasi nasi tim dengan rasa yang manis bisa ditambahkan dengan kecap atau mencampurkan ASI ke dalam bubur.

Bayi Muntah saat Makan juga bisa terjadi pada saat bayi makan atau minum terlalu kenyang, atau karena bayi menggeliat sehingga menyebabkan tekanan pada bagian perut naik. Hal ini mengakibatkan susu ataupun makanan yang masuk keluar kembali.

Ringkasan:
  • Saat awal pemberian makanan padat pendamping ASI di usia 6 bulan, biasanya bayi mengalami muntah saat makan,
  • Penyebab Bayi Muntah saat makan bisa karena masalah di sekitar mulut, gangguan pencernaan atau tidak suka dengan jenis makanan tertentu,
  • Mengatasi Bayi Muntah saat makan harus disesuaikan dengan penyebabnya yang bisa diketahui berdasarkan pengamatan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Mengatasi Bayi Muntah Saat Makan"