Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Orang Sulit Gemuk

Tips Cepat Gemuk
Orang Sulit Gemuk bisa disebabkan banyak faktor, bahkan tidak sedikit orang yang sudah banyak makan tapi masih saja tetap kurus. Kebiasaan makan seseorang ternyata memang tidak selalu berpengaruh sama terhadap bentuk tubuh. Ada orang makan banyak tetapi tetap saja kurus. Sebaliknya, ada orang yang makannya normal bahkan cenderung lebih sedikit tetapi mempunyai badan gemuk.

Phaidon L Toruan yang merupakan dokter pakar diet mengatakan, bahwa selain kebiasaan makan, faktor genetik juga sangat berperan untuk menentukan bentuk tubuh seseorang. Adapun sifat genetik yang dapat mempengaruhi gemuk atau kurusnya seseorang dibagi menjadi tiga, yaitu endomorf, ectomorf dan mesomorf.
  1. Endomorf adalah orang yang dilahirkan dengan faktor genetika gemuk, sehingga sejak kecil tampak gembul walaupun porsi dan waktu makan relatif sama dengan teman yang lain. Untuk selanjutnya semakin besar, maka dia akan semakin mudah gemuk.
  2. Ectomorf adalah seseorang yang dilahirkan dengan faktor genetik kurus, sehingga sejak kecil sampai usia dewasa dirinya akan kurus, walaupun makan cukup banyak bahkan lebih banyak dari porsi orang normal. Sehingga apabila anda sudah banyak makan, namun tidak juga gemuk bisa jadi termasuk dalam sifat ecomort. Orang yang memiliki sifat ecomort  membutuhkan asupan kalori lebih banyak dengan gizi seimbang, dan lebih memperbanyak asupan berprotein tinggi agar otot lebih mudah terbentuk.
  3. Mesomorf adalah orang yang dilahirkan dengan faktor genetika bertubuh kekar, sehingga sejak kecil tampak berotot, dan ketika dewasa tubuhnya seperti atlet meski jarang latihan fisik untuk membentuk otot.

Selain faktor genetik dan pola makan, sulit gemuk pada seseorang juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis. Seperti apabila seseorang sedang dalam situasi stres tinggi atau lelah maka akan menyebabkan seseorang malas untuk makan makanan bergizi. Penyebab selanjutnya adalah faktor kesehatan dari tubuh seseorang, seperti orang yang mempunyai penyakit kronik dan infeksi. Sehingga pada kondisi ini setiap kalori yang dikonsumsi tidak akan menjadi otot, namun untuk memberi energi untuk sistem imun sehingga mampu melawan penyakit yang dideritanya.

Penyebab Orang Sulit Gemuk yang terakhir adalah adanya gangguan fisiologis yang menyebabkan metabolisme tubuh terjadi terlalu cepat, kemampuan usus menyerap sari makanan yang rendah, dan produksi enzim pencernaan juga bisa menjadi penyebab seseorang terus kurus meskipun sudah banyak makan.

Ringkasan:
  • Kebiasaan makan tidak selalu berpengaruh sama terhadap gemuk atau kurusnya seseorang,
  • Penyebab Orang Sulit Gemuk adalah faktor genetik, pola makan, psikologis, kesehatan dan adanya gangguan fisiologis.
  • Orang sulit gemuk akibat faktor genetik terbagi menjadi tiga yang diantaranya adalah Endomorf, Ectomorf, Mesomorf

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Penyebab Orang Sulit Gemuk"