Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meningitis Neonatal Pada Bayi Baru Lahir

Meningitis Neonatal Pada Bayi
Meningitis Neonatal adalah penyakit meningitis yang sering ditemukan pada bayi yang baru lahir, yang disebabkan karena  virus (coxsackie dan herpes simplex) atau infeksi akibat paparan bakteri (streptococcus, bakteri E.coli, Haemophilus influenza / Listeria / HiB. Bakteri meningitis neonatal sangat harus diwaspadai, karena dapat menular melalui plasenta saat janin masih di dalam rahim atau  saat proses persalinan.

Gejala Meningitis Neonatal

Gelaja Penyakit Meningitis Neonatal memang tidak begitu jelas. Namun, apabila buah hati anda mengalami sering lesu atau kehilangan nafsu muntah, ruam, kesulitan bernapas, menggigil, demam tinggi, sakit kuning dan bahkan beberapa bayi yang menderita meningitis akan merasakan kejang-kejang, maka segera lakukan pemeriksaan kedokter dan melakukan pengujian laboratorium.

Cara Menangani Meningitis Neonatal

Apabila diagnosa dokter manyatakan buah hati anda positif meningitis neonatal, maka harus segera dilakukan penanganan intensif dengan rawat inap sebagai penanganan awal. Untuk pasien Meningitis Neonatal yang masih bayi, maka akan dilakukan pemberian antibiotik spektrum terlebih dulu.

Apabila telah diketahui bahwa Meningitis Neonatal disebabkan karena bakteri, maka dokter menangani dengan pemberian antibiotik khusus untuk bakteri penyebab meningitis. Namun apabila disebabkan karena virus atau virus herpes maka akan dilakukan pengobatan dengan menggunakan anti-virus obat asiklovir. Penanganan Meningitis Neonatal yang disebabkan karena virus memang cukup sulit, bahkan kebanyakan kasus dilakukan pemberian antivirus hanya untuk meringankan gejala dan menjaga bayi agar tetap hangat dan terhidrasi akibat virus meningitis.

Cara Mencegah Meningitis Neonatal pada Bayi

Untuk mencegah Meningitis Neonatal pada bayi, Ibu Hamil bisa melakukan perawatan postnatal dan prenatal dibarengi dengan menghindari makanan yang mungkin terkontaminasi bakteri Listeria atau E.coli. Untuk mengindarkan resiko bayi terjangkit virus atau bakteri yang menjadi penyebab meningitis neonatal,  biasanya dokter akan melakukan tes grup B strep ketika ibu hamil mendekati usia kelahiran. Dan apabila saat pengujian, diketahui bayi terinfeksi virus, maka ibu hamil diberikan obat-obatan anti-viral, atau lebih disarankan untuk melakukan persalinan Caesar untuk mencegah penularan infeksi virus kepada bayi.

Dengan mengetahui informasi Meningitis Neonatal pada Bayi, maka diharapkan anda tidak terlalu khawatir dan siap menangani penyakit Meningitis Neonatal dengan cara yang tepat.

Ringkasan:

  • Meningitis Neonatal banyak ditemukan pada bayi baru lahir dan disebabkan oleh virus dan bakteri,
  • Penyakit Meningitis Neonatal sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian,
  • Mencegah Meningitis Neonatal bisa dilakukan dengan pemberian antivirus dan menghindari penularan ke bayi,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Meningitis Neonatal Pada Bayi Baru Lahir"