Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Kantuk setelah Makan Siang

Mencegah Kantuk setelah Makan Siang
Rasa kantuk setelah makan siang (meski semalam cukup tidur) sebenarnya adalah kondisi yang tidak wajar, dan mungkin ada yang salah dengan tubuh anda. Hal ini dikarenakan, apabila rasa kantuk setelah makan siang terjadi terus menerus, tentu akan mengganggu aktivitas pekerjaan anda.

Seseorang yang mengalami kantuk setelah makan siang bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti tubuh yang kekurangan enzim dan pengaruh neuron. Gangguan ini bisa diatasi dengan beberapa Cara Mencegah Kantuk setelah Makan Siang, seperti dibawah ini:

Pilih Makan Siang dengan menu yang mengandung Karbohidrat Kompleks (Biji-bijian, buah-buahan, sayur mayur dan polong-polongan). Selain itu, pilih menu makan siang yang mempunyai kandungan zat besi untuk membantu meningkatkan produksi hemoglobin yang dibutuhkan tubuh, untuk mempromosikan oksigen ke dalam tubuh agar menjadi energi. Kandungan karbohidrat kompleks yang dikonsumsi saat makan siang akan memproduksi glukosa untuk tubuh, sebagai energi.

Mengkonsumsi Buah dan Sayur saat makan siang untuk memberikan sumber energi dari gula alami. Buah dan sayur akan membuat rasa kenyang lebih lama, namun tetap mencukupkan kebutuhan energi. Buah-buahan sebaiknya, dikonsumsi saat sebelum makan siang.

Membatasi konsumsi Lemak dan Gula, meski kondisi cuaca sangat panas. Karena apabila anda mengkonsumsi berlebihan saat makan siang, dapat menyebabkan energi cepat habis. Apabila energi habis, maka rasa kantuk akan mulai menyerang.

Saat siang hari perbanyak Konsumsi Air Putih untuk menghindari dehidrasi terutama saat cuaca panas. Dan apabila tubuh dehidrasi, maka kantuk akan sulit dihindarkan. Apabila anda sering merasakan kantuk saat setelah makan siang, dan merasa aktivitas terganggu, sebaiknya hindari makan siang dengan nasi. Hal ini karena makan nasi dapat memicu kantuk.

Ringkasan:
  • Rasa Kantuk setelah makan siang bisa diatasi dengan mengkonsumsi makan-makanan yang tepat,
  • Agar tidak mengantuk saat setelah makan siang sebaiknya hindari makan nasi,
  • Saat siang perbanyak minum air putih untuk menghindari kantuk akibat dehidrasi.

Post a Comment for "Cara Mencegah Kantuk setelah Makan Siang"