Home » , , » Bahaya Terlalu Lama Waktu Tidur

Bahaya Terlalu Lama Waktu Tidur

Bahaya Banyak Tidur
Waktu Tidur orang dewasa yang ideal adalah 7-9 jam pada malam hari. Hal ini tentu agar kesehatan tetap terjaga dan kondisi tubuh tetap dalam kondisi yang maksimal Waktu tidur yang kurang dari 7 atau 9 jam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang tentu dapat membahayakan kehidupannya.

Namun tahukah anda, apabila ternyata terlalu banyak tidur juga dapat meningkatkan masalah kesehatan. Adapun, tujuh masalah kesehatan apabila Anda terlalu banyak tidur adalah sebagai berikut:
  • Depresi akan lebih mungkin terjadi apabila seseorang terlalu banyak tidur. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tahun 2014. Seseorang yang tidur kurang dari 7 jam pada malam hari berisiko 27% mengalami depresi. Namun apabila seseorang tidur lebih dari 9 jam di malam hari akan berisiko 49 % mengalami depresi.
  • Kerusakan otak atau  penuaan otak dua tahun lebih cepat, juga menjadi salah satu gangguan kesehatan apabila seseorang tidur lebih dari 9 jam atau kurang dari 5 jam setiap malam. bagi wanita lansia, terlalu banyak tidur juga dapat memperburuk fungsi otak selama enam tahun.
  • Wanita Sulit Hamil, juga ditemukan bagi wanita yang tidur antara 9-11 jam pada malam hari. Hal ini disebabkan karena kebiasaan tidur lama pada wanita akan mengubah ritme sikardian tubuh, sekresi hormon, dan siklus menstruasi.
  • Resiko Diabetes tipe 2 akan meningkat 2 kali lebih besar terhadap seseorang yang terlalu banyak tidur.
  • Berat Badan Berlebih (Obesitas), mengancam bagi seseorang yang tidur lebih dari 9 jam pada malam hari.
  • Memicu penyakit jantung, yang diketahui berdasakan penelitian yang dipersentasikan dalam pertemuan American College of Cardiology tahun 2012. Penelitian tersebut menemukan seseorang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malam akan meningkatkan risiko masalah pada jantung,  angina atau dikenal dengan penyakit angin duduk.
  • Usia hidup menjadi lebih pendek, dibuktikan dari 16 penelitian yang dilakukan pada 2010, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam pada malam hari 1,3 kali lebih berisiko memiliki usia hidup lebih pendek atau kematian lebih awal dibandingkan mereka yang tidur dengan waktu 7 jam.

Ringkasan:
  • Lama tidur orang dewasa yang ideal adalah antara 7-9 jam,
  • Waktu tidur lebih dari 9 jam dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan,
  • Gangguan kesehatan akibat terlalu banyak tidur diantaranya adalah Depresi, Kerusakan otak, Wanita Sulit Hamil, Diabetes, Obesitas, penyakit jantung, Usia hidup menjadi lebih pendek.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger