Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menaikan Trombosit Pasien DB dengan Ekstrak Propolis

MenaikanTrombosit Pasien DB bisa dengan banyak obat-obatan, yang salah satunya adalah ekstrak propolis. Propolis merupakan bahan perekat yang dikumpulkan dari getah tumbuhan dan dicampur dengan air liur lebah madu, atau dengan kata lain propolis bisa didapatkan dari sarang lebah. Adapun kandungan yang ada di dalam propolis adalah Caffeic Acid Phenethyl Ester (CAPE) yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Ekstrak Propolis diketahui dapat Menaikan Trombosit Pasien DB dari penelitian yang dilakukan terhadap 63 penderita DBD di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. Ekstrak Propolis dijadikan sebagai terapi tambahan untuk pengobatan pasien DBD, yang dilakukan beberapa dokter di rumah sakit tersebut, yang diantaranya adalah Kolonel Ckm Dr. Djoko Wibisono, SpPD, Letnal Kolonerl Cfm Dr. Bagus Sulistyo Budhi, Sp.KJ, dan dokter asisten dr. Yongkie Iswandi Purnama.

Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan membagi responden yang merupakan pasien demam berdarah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mendapatkan ekstrak propolis propoelix 200 berbentuk kapsul, sedangkan kelompok kedua diberi plasebo (obat yang tidak memiliki zat aktif dan tidak memiliki efek apapun).

Dari pengujian tersebut didapatkan hasil, bahwa 31 pasien yang meminum ekstrak propolis mengalami pemulihan lebih cepat dimulai pada hari ke-3 dan secara statistik lebih signifikan pada hari ke-6 dan ke-7, khususnya pada jumlah trombosit, sehingga memiliki masa rawat inap 1-2 hati lebih cepat di rumah sakit, dibandingkan responden kelompok pertama yang hanya diberikan plasebo.

Kolonel Ckm Dr. Djoko Wibisono menegaskan bahwa ekstrak propolis digunakan sebagai terapi tambahan, bukan sebagai obat demam berdarah. Sehingga monitoring cairan pasien Demam Berdarah tetap menjadi utama.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak propolis dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dan mempercepat penyembuhan Pasien Demam Berdarah.

Ringkasan:
  • Menaikan Trombosit Pasien Demam Berdarah bisa dengan bahan-bahan alami yang salah satunya adalah ekstrak propolis,
  • Ekstrak propolis didapatkan dari getah tumbuhan dan dicampur dengan air liur lebah madu,
  • Dengan terapi tambahan menggunakan Ekstrak propolis, pasien Demam berdarah lebih vepat sembuh.

Post a Comment for "Menaikan Trombosit Pasien DB dengan Ekstrak Propolis"