Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kesemutan dan Kram pada Kaki

Penyebab Kesemutan pada Kaki
Kesemutan dan Kram pada Kaki ternyata bisa menjadi tanda adanya kondisi gangguan kesehatan  yang serius. Hal ini perlu menjadi perhatian apabila dengan perubahan kebiasaan dan usaha penurunan berat badan tidak juga mampu mengurangi Kesemutan dan Kram pada Kaki tersebut. Sehingga apabila anda mengalami kondisi tersebut, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Kesemutan dan Kram pada Kaki bisa disebabkan karena duduk dalam satu posisi dengan waktu yang terlalu lama. Kondisi tersebut mudah disembuhkan hanya dengan mengubah posisi duduk atau berjalan-jalan sejenak. Penyebab Umum Kesemutan dan Kram pada Kaki bisa disebabkan karena banyak faktor seperti; diet, penyakit, dan faktor lingkungan. Adapun penyebab lain Kaki kesemutan dan krama adalah:
  • Gangguan Sirkulasi Darah Karena Diabetes atau Neuropati Diabetes. Salah satu komplikasi penyakit diabetes ini menyebabkan gejala rasa kebas atau baal pada kaki atau tungkai yang juga dapat memicu kesemutan dan kram pada kaki. Penyakit dan infeksi yang dialami pasien diabetes menyebabkan peradangan pembuluh darah (disebut vasculitis) memicu pembentukan jaringan parut di pembuluh darah, mengganggu sirkulasi darah dan memicu kesemutan dan kram pada otot-otot ekstremitas bawah terutama pada kaki.
  • Rheumaotid arthritis dari pergelangan kaki dapat menyebabkan tarsal tuneel syndrome yang dapat memicu kesemutan di kaki. Apabila anda mengalami gangguan ini, bisa diatasi dengan meletakan kaki lebih tinggi disbanding badan saat tidur. Namun apabila cara ini tidak juga mengurangi Kesemutan dan Kram pada Kaki, sebaiknya melakukan operasi.
  • Cedera atau trauma kompresi saraf yang disebabkan karena kecelakaan cedera tulang belakang atau patah kaki bisa menyebabkan Nyeri, Kesemutan dan Kram pada area yang mengalami cedera.
  • Kekurangan Nutrisi khususnya kalsium, hipoparatiroidisme (penurunan fungsi kelenjar paratiroid) dan vitamin D juga dapat menyebabkan seseorang akan sering mengalami kesemutan.
  • Gangguan pada tingkat hormon menyebabkan pembengkakan pada kaki dan ankle (pergelangan kaki), yang memicu tekanan pada saraf kaki. Kondisi ini juga akan mengganggu aliran darah ke otot, sehingga terjadi penumpukan asam laktat dan buruknya oksigenasi pemicu kram pada kaki.
Ringkasan:
  • Penyebab Kesemutan dan Kram pada Kaki yang umum adalah adalah diet, penyakit, dan duduk terlalu lama,
  • Penyebab lain Kesemurtan pada kaki adalah Gangguan Sirkulasi Darah Karena Diabetes, Rheumaotid arthritis, Cedera, Kekurangan Nutrisi, Gangguan pada tingkat hormone.

Post a Comment for "Penyebab Kesemutan dan Kram pada Kaki"