Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Operasi untuk Kanker Ovarium Wanita

Pengobatan Kanker Ovarium
Operasi atau tindakan pembedahan menjadi salah satu perawatan yang dilakukan bagi pasien kanker ovarium. Selain pembedahan bisa juga dengan kemoterapi atau radiasi, tergantung pada stadium kanker ovarium yang diderita.

Operasi dilakukan untuk mengangkat kanker ovarium sampai bersih dan tidak ada sisa, namun biasanya untuk wanita yang masih produktif, dokter akan mencoba untuk pertahankan rahim serta indung telur agar masih mungkin untuk mendapatkan kehamilan.

Usia memang menjadi salah satu faktor tinggi atau rendahnya seorang wanita mengalami kanker ovarium. Kanker ovarium lebih sering ditemukan pada wanita pre menopause dan mencapai puncaknya di usia 65-75 tahun. Di Indonesia, wanita yang banyak mengalami kanker ovarium antara usia 40-50 tahun. Ada juga kanker ovarium yang diderita pada wanita yang berusia masih belia. Untuk kasus ini, sedapat mungkin dokter berupaya mempertahankan rahim dan indung telur.

Pada wanita yang mempunyai penyakit kanker ovarium stadium 1, pembedahan dilakukan untuk mengangkat sel tumor. Sedangkan pada wanita yang mempunyai penyakit kanker ovarium stadium 2 (sel kanker telah menyebar ke daerah sekitar panggul), maka selain pembedahan kemoterapi juga harus dilakukan.

Untuk kanker Ovarium stadium 3, disembuhkan dengan pembedahan dilanjutkan dengan kemoterapi dan radiasi. Sedangkan kanker Ovarium stadium 4, pengobatan dilakukan dengan pembedahan, kemoterapi, radiasi, dan terapi tepat sasaran.

Tindakan Operasi pada stadium lanjut kanker ovarium, dilakukan secara debulking atau mengambil sebanyak mungkin bagian tumor. Selain itu juga dilakukan proses surgical staging (di stadium awal) yang relatif lebih bersih dengan prognosis (perkiraan perjalanan penyakit kanker) yang lebih baik.

Bagi pasien kanker yang ingin menggunakan pengobatan herbal, maka harus menggunakan standar internasional yang tentunya sudah dibuktikan dengan sejumlah penelitian sehingga tidak berbahaya, dan sebaiknya obat utama yang diberikan oleh dokter tidak ditinggalkan. Akan lebih baik lagi apabila metode pengobatan herbal kanker ovarium juga di dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Ringkasan:
  • Kanker Ovarium di Indonesia lebih banyak diderita wanita berusia 40-50 tahun,
  • Operasi Kanker Ovarium dilakukan untuk mengangkat jaringan kanker sampai bersih dan tidak tersisa,
  • Selain Operasi, pengobatan Kanker Ovarium juga bisa dengan cara herbal, namun tetap harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Post a Comment for "Operasi untuk Kanker Ovarium Wanita"