Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya ISPA saat Perjalanan Mudik Lebaran

ISPA saat Mudik
Penyakit Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), menjadi salah satu gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai oleh para pemudik. Hal ini dikarenakan, perjalanan panjangnya ditempuh yang harus dan ibadah puasa yang harus dijalani, secara tidak langsung juga membuat daya tahan tubuh anda berkurang, sehingga resiko terkena ISPA akan lebih tinggi.

ISPA bisa membuat tubuh lemas sehingga menurunkan konsentrasi saat berkendara, sehingga sangat berbahaya bagi para pengemudi, baik roda dua, empat, masinis, hingga pilot. Hal ini diperparah dengan kebanyakan penderita ISPA, juga minum obat flu yang biasanya menyebabkan kantuk

Untuk menghindari resiko terburuk bagi para pemudik, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter apabila terkena ISPA. Hal ini tentu agar anda mendapatkan mendapat pengobatan yang tepat dan sesuai, dan tidak menularkan penyakit ke orang-orang terdekat anda.

Tips Mencegah ISPA saat Mudik

  • Bagi anda yang saat ini sedang melakukan perjalanan mudik, sebaiknya melakukan lima tips di bawah ini untuk menghindari ISPA
  • Memperkuat daya tahan tubuh dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat. Hal ini dikarenakan, ISPA menyerang daya tahan tubuh yang lemah.
  • Menghindari hindari kemungkinan tertular ISPA dengan menghindari kerumunan orang banyak dan jauhi orang yang sedang batuk pilek demam.
  • Mencuci tahan sesering mungkin dengan menggunakan sabun (CTPS) untuk menghindari penularan Infeksi termasuk ISPA.
  • Jangan menyentuh lubang hidung dan mulut saat tangan kotor, karena Virus dan kuman penyebab ISPA sering berada di bagian yang sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu hingga meja antrean makan.
  • Jangan merokok, karena asap rokok akan menurunkan daya tahan paru-paru dan saluran napas, sehingga ISPA akan lebih mudah menyerang.

Ringkasan:
  • Perjalanan mudik saat puasa ramadhan akan menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan resiko terserang penyakit,
  • Penyakit yang paling sering terjadi pada pemudik adalah Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),
  • Penyakit ISPA dapat menurunkan konsentrasi pengemudi sehingga sangat berbahaya bagi pemudik.

Post a Comment for "Bahaya ISPA saat Perjalanan Mudik Lebaran"