Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjaga Kesehatan dengan Berfikir Positif

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan beragam cara, dan salah satu yang paling murah namun memang tidak terlalu mudah adalah dengan kekuatan pikiran. Pikiran dan tubuh anda saling berhubungan. Sebagai contoh, apabila anda sedang stres, biasanya sering mengalami gangguan lambung. Sehingga mulai sekarang, sebaiknya anda selalu mengingat bahwa pikiran negatif dapat memicu pada masalah kesehatan yang serius.

Emosi negatif seperti rasa takut, marah, dan frustasi, dikatakan akan menjadi masalah ketika apabila terjadi terlalu lama. Contoh saja sinisme. Penelitian yang dilakukan tahun  2014, menghubungkan kadar sinisme yang tinggi dengan kepikunan dini. Penelitian lain yang dilakukan tahun 2009 juga menemukan bahwa dari 100 ribu perempuan yang diteliti, mereka yang paling sinis lebih cenderung mengalami penyakit jantung. Dan apabila mereka semakin pesimis, maka memiliki kemungkinan meninggal selama periode penelitian dibandingkan wanita yang optimis.

Perilaku Negatif lain yang dihubungkan dapat memperburuk kondisi kesehatan adalah rasa kebencian. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2014, dengan hasil mereka yang memiliki skor lebih tinggi atas ukuran ketidakramahan, berisiko lebih tinggi untuk menderita stroke dibandingkan partisipan yang lebih ramah dan baik.

Depresi juga telah dihubungkan dengan peningkatan risiko atas diabetes melitus tipe 2 dan serangan jantung lebih tinggi. Perilaku emosional telah menyebarkan efek tidak baik terhadap proses metabolisme, pelepasan hormon, ataupun fungsi imunitas. Ketika Anda sedang stres atau mengalami depresi, kadar kortisol meningkat, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh kurang mampu mengontrol peradangan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan penyakit di kemudian hari.

Kecenderungan lain yang berhubungan dengan kesehatan fisik adalah, mereka yang merasakan emosi yang tidak enak, seperti stres atau sinis, akan lebih berkemungkinan untuk merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, atau tidak aktif secara fisik. Kedepannya, mungkin emosi negatif yang dialami seseorang, bisa menjadi gejala awal dari gangguan kesehatan yang serius.

Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah hal negatif yang dialami, adalah dengan mengubah perspektif dengan selalu berfikir positif sehingga kesehatan anda akan tetap terjaga.

Ringkasan:
  • Kekuatan pikiran bisa meningkatkan dan melemahkan kesehatan tubuh manusia,
  • Seseorang yang sering berfikiran buruk seperti sinis, pesimis, emosional, rasa kebencian dan Depresi akan lebih berisiko terkena gangguan kesehatan yang serius,
  • Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan selalu berusaha untuk berfikir positif.

Post a Comment for "Menjaga Kesehatan dengan Berfikir Positif"