Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Buah Penyebab Perut Kembung

TIps Kesehatan
Penyebab Perut Kembung memang beragam, mulai dari faktor alam, kondisi tubuh dan bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi buah-buahan tertentu. Mengkonsumsi buah-buahan lebih lebih sehat dibandingkan dengan sebungkus keripik atau sekaleng soda untuk cemilan. Namun, tidak jarang orang yang setelah mengasup buah tertentu akan menimimbulkan rasa tidak nyaman atau Perut Kembung.

Kandungan buah terutama fruktosa dan sorbitol bisa menyebabkan gas dan perut kembung dan kandungan serat pada buah juga ternyata memibu gas di dalam lambung. Adapun beberapa buah yang dapat memicu perut kembung diataranya adalah:

Buah Apel merupakan buah yang mengandung antioksidan, fruktosa, gula buah yang pada sebagian orang lebih sulit dicerna. Ketika sistem pencernaan mulai memecah gula buah, maka perut akan terasa lebih bergas. Untuk mengatasi kondisi ini, anda bisa memakan apel sedikit-sedikit dan mengunyahnya secara pelan-pelan. Hal ini dikarenakan apabila Apel dikonsumsi dalam jumlah sedikit-sedikit jumlah fruktosa yang diasup juga berkurang.

Buah Pir mengandung banyak pektin, yang merupakan jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan Kolesterol dan membuat anda lebih kenyang. Buah Pir juga mengandung sorbitol (gula alkohol yang terbentuk alami )dalam jumlah kecil. Sorbitol akan membantu usus bergerak, namun karena lebih lambat dicerna, pada sebagian orang zat ini dapat membuat perut kembung. Salah satu untuk Mengatasi Perut Kembung akibat memakan buah pir, adalah dengan berolahraga agar gas di dalam lambung bisa dikeluarkan.

Buah ceri, mangga, anggur, dan nanas mengandung zat gula yang kadang tidak bisa diserap dengan sempurna di usus kecil dan selanjutnya terjebak di usus besar sehingga memicu terjadinya perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung akibat suka mengkonsumsi buah ini, anda bisa membatasi konsumsi sumber zat karbohidrat dan gula di hari tersebut.

Kismis dan buah kering memang dipercaya dapat melancarkan BAB, namun juga bisa membuat perut kembung. Hal ini dikarenakan Kismis dan buah kering merupakan makanan yang disukai bakteri usus yang , lalu memfermentasinya tapi tidak bisa dicerna dan memicu memproduksi gas di usus dan lambung.

Ringkasan:
  • Selain menyehatkan, konsumsi beberapa jenin buah juga bisa memicu efek samping seperti perut kembung,
  • Beberapa buah penyebab perut kembung seperti Apel , Pir, ceri, mangga, anggur, nanas, Kismis dan buah kering.

Post a Comment for "Beberapa Buah Penyebab Perut Kembung"