Alat Kontrasepsi Yang Aman untuk Mengatur Jarak Kehamilan

Kontrasepsi Spiral
Hamil bisa menjadi sesuatu yang sangat diinginkan oleh pasangan suami istri. Namun, ada beberapa pasangan suami istri juga yang belum siap untuk mempunya keturunan. Hal tersebut bisa disebabkan karena banya faktor. Dalam hal ini, pasangan tersebut akan memilih alat kontrasepsi agar hubungan mereka tidak menghasilkan keturunan terlebih dahulu.

Keputusan untuk Mengatur Jarak Kehamilan bisa diambil dengan menggunakan beberapa alat kontrasepsi yang aman bagi kedua belah pihak pasangan tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Intrauterine Device atau Spiral merupakan alat yang termasuk dalam kontrasepsi untuk menunda kehamilan. Alat ini berbentuk T dan dimasukkan ke Rahim oleh seorang gginekolog. Alat Kontrasepsi yang aktif ini akan mencegah kehamilan dalam jangka waktu sekitar 5 hingga 10 tahun. Selain itu, alat kontrasepsi spiral ini dikenal sebagai alat yang paling efektif digunakan karena tidak permanen. Sehingga, alat ini bisa dilepas jika Anda ingin mempunyai keturunan lagi.

Selanjutnya adalah pil kontrasepsi. Pil KB ini mengandung hormon untuk mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur. Sehingga, hal ini bisa mencegah kehamilan. Namun pil ini harus dikonsumsi setiap hari dan keuntungannya yaitu bisa mendapatkan siklus menstruasi teratur.

Kondom merupakan alat yang sangat sering ditemui dan sangat mudah untuk mendapatkannya. Meskipun murah dan juga banyak, banyak juga pasangan yang enggan menggunakan alat ini. Dalam hal ini, kondom sebagai alat kontrasepsi adalah bisa mengurangi kenyamanan pasangan saat melakukan hubungan suami istri.

Alat yang selanjutnya bisa digunakan adalah dengan suntik hormon. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melepaskan hormon ke darah guna mencegah terjadinya  ovulasi. Kekurangan dari alat ini adalah dapat menimbulkan ruam kulit, iritasi, serta rasa yang kurang nyaman pada penggunanya serta kenaikan berat badan.

Alat kontrasepsi selanjutnya yang bisa Anda temui adalah Diafragma. Alat ini dibuat dari karet yang fleksible serta dipasangkan letaknya di atas leher Rahim. Bisa dikatakan penggunaan alat ini tergolong rumit. Akan tetapi, diafragma bisa membuat sperma terhalang untuk masuk ke dalam Rahim.

Nah, tentunya sekarang sudah tahu kan beberapa alat kontrsespsi yang bisa dipilih untuk Mengatur Jarak Kehamilan. Setiap pasangan tentunya mempunyai penapat yang berbeda-beda dalam menentukan kontrasepsi mana yang tepat bagi Anda dan pasangan. Dalam hal ini, berbagai pertimbangan penentuan alat kontrasepsi harus dilakukan karena akan mempunyai beberapa dampak positif dan negatifnya.

Ringkasan:
  • Penentuan alat kontrasepsi akan tergantung keputusan pasangan terhadap sisi positif dan negatifnya
  • Alat-alat kontrasepsi diantaranya adalah spiral, pil kontrasepsi, kondom, suntik hormon, dan diafragma.
  • Alat kontrasepsi tersebut dimaksudkan untuk Mengatur Jarak Kehamilan pasangan suami istri
  • Pilihlah alat kontrasepsi yang aman serta sesuai dengan kondisi dengan beberapa pertimbangan suami istri



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger