Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Puasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui

Ibu Menyusui memang tidak dilarang baik oleh agama atau ilmu medis untuk tetap menjalankan puasa Ramadhan. Bahkan tidak sedikit Ibu yang merasakan kenikmatan yang lebih saat Berpuasa Ramadhan meski dirinya menyusui buah hati. Namun tidak sedikit juga Ibu yang khawatir, apabila berpuasa mempengaruhi produksi dan kualitas ASI. Untuk itu pada artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan tips bagi Bunda bagaimana tetap menyusui namun Produksi dan Kualitas ASI tetap maksimal.

Ibu Menyusui yang ingin tetep berpuasa ramadhan harus memperhatikan asupan kalori saat buka puasa, malam hari dan saat sahur.  Hal dikarenakan ibu menyusui membutuhkan lebih dari 500 kalori setiap hari, dan protein sebanyak 20 gram lebih tinggi agar produksi dan Kualitas ASI tetap terjaga.

Cara Mudah Puasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui diawali dengan harus berbuka dan sahur dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai jumlah kalori yang lebih besar dibandingkan saat tidak berpuasa. Pada malam hari setelah sholat tarawih, ibu menyusui juga harus mengkonsumsi makanan berat, sayuran dan buah yang banyak mengandung gizi.

Ibu Menyusui yang ingin tetap berpuasa, juga harus lebih memperbanyak konsumsi makanan berprotein seperti ikan, daging ayam, telur, dan daging merah. Saat Sahur sebaiknya Bunda mengkonsumsi adalah beras merah, sayuran hijau.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, Ibu Menyusui yang Berpuasa Ramadhan juga harus minum susu khusus Ibu Menyusui saat sahur dan berbuka puasa. Bunda juga sebaiknya mengkonsumsi madu, karena berdasarkan penelitian di Jepang, madu murni berfungsi untuk memperlancar ASI, dan menambah zat anti kuman di dalam ASI. Hal ini tentu akan membuat buah hati lebih mudah terhindar dari berbagai penyakit.

Selain menjaga kesehatan fisik saat Puasa Ramadhan, Ibu Menyusui juga harus menjaga emosi dan pikiran, karena pikiran yang tertekan dan stres dapat mempengaruhi jumlah produksi ASI. Semoga Cara Mudah Puasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui tersebut diatas bisa membantu anda menjalankan Ibadah di Bulan Suci yang sebentar lagi akan tiba.

Ringkasan:
  • Berpuasa pada Ibu Menyusui tidak dilarang dalam agama maupun dalam ilmu medis,
  • Ibu Menyusui tetap bisa Berpuasa Ramadhan dengan menjaga pola makan yang lebih sehat dan bergizi,
  • Ibu Menyusui yang Berpuasa sebaiknya meningkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, ikan , telur, daging ayam dan daging merah.

Post a Comment for "Cara Mudah Puasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui"