Home » , , , » Cara agar Rumah Terbebas dari Nyamuk

Cara agar Rumah Terbebas dari Nyamuk

Tips Kesehatan Rumah
Nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus adalah nyamuk penular atau vektor utama virus DBD. Akhir-akhir ini wabah DBD kembali merebak, yang sebelumnya di tahun 2010 pernah terjadi penurunan kejadian penyakit DBD akibat nyamuk ini. Dan yang sangat penting untuk diwaspadai adalah, sudah tidak terhitung korban meninggal dan penularannya sangat cepat.

Beberapa program yang seperti pengasapan memang tidak begitu efektif, karena kenyataannya hanya mampu membunuh nyamuk saja, tidak membunuh jentik sehingga produktifitasnya sulit untuk diputus. Adapun langkah yang efektif, tentu saja dengan menerapkan langkah bebas nyamuk, di masyarakat yang diantaranya adalah:

Maksimalkan sirkulasi udara dan cahaya alami, dengan tujuan memperlancar sirkulasi udara. Hal ini karena Nyamuk Aedes aegypti Penyebab Demam Berdarah dan jenis nyamuk lain suka bersarang di tempat yang lembab, dingin, dan gelap. Menciptakan rumah yang mempunyai sirkulasi udara dan pencahayaan alami tentu akan mengurangi kemungkinan nyamuk untuk bersarang di rumah anda.

Menghilangkan genangan air di sekitar rumah dengan membersihkan tempat-tempat yang mungkin digunakan nyamuk untuk bertelur. Pastikan bak mandi, tempayan, ember, atau alas pot bunga dikuras secara rutin seminggu sekali dan ditutup dengan rapat.

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dengan tidak menggantung pakian dalam waktu yang lama. Dan untuk kesehatan, sebaiknya hewan ternak ditempatkan terpisah dari rumah tinggal atau dibuatkan kandang sendiri.

Memangkas tanaman disekitar rumah yang terlalu rimbun, jangan sampai tanaman ini menjadi sarang nyamuk. Dan akan lebih baik apabila anda memilih tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti Lavender, Geranium, Akar Wangi, Selasih dan Zodia.

Mencegah nyamuk Nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD dan jenis nyamuk lain untuk masuk ke dalam rumah, seperti memasang kelambu atau kasa di lubang ventilasi atau jendela.

Menggunakan obat  anti nyamuk yang aman untuk anggota keluarga terutama bayi dan anak-anak. Pemasangan obat nyamuk minimal 1,5 meter dan pastikan sirkulasi udara di dalam rungan lancar sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Ringkasan:
  • Nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD telah menjadi penyebab banyak kematian,
  • Mencegah DBD yang efektif harus dimulai pada keluarga sendiri dengan menciptakan rumah bebas nyamuk,

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger