Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kekambuhan Katarak Setelah Operasi

Perasi Katarak
Operasi Katarak merupakan satu-satunya cara untuk menyembuhkan gangguan kesehatan yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh. Dan memang setelah operasi, seseorang masih sangat mungkin mengalami katarak kembali dengan prosentase 5-10%. Dan memang hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena kekambuhan tidak akan terjadi apabila hasil operasi katarak berjalan lancar dan sempurna.

Kekambuhan Katarak Setelah Operasi biasanya terjadi pada operasi yang dilakukan pada usia muda. Hal ini dikarenakan masih ada kemungkinan jaringan pada mata yang berkembang. Penyakit katarak yang kambuh lagi atau disebut sebagai PCO (posterior capsular opacity) bisa muncul pada beberapa bulan atau tahun setelah dilakukan operasi katarak.

Untuk mengobati kakambuhan katarak yang pernah melakukan operasi, tidak perlu untuk melakukan operasi kembali, karena bisa disembuhkan dengan tindakan laser dan lensa mata akan kembali jernih.

Penyakit Katarak saat ini memang menjadi faktor penyebab nomer satu kebutaan di Indonesia. Dan diperkirakan ada 3,5 juta orang yang menderita katarak di negara ini. Dan saat ini katarak tidak hanya menyerang mereka yang berusia diatas 60 tahun, namun banyak juga yang menderita katarak pada usia jauh sebelum itu.

Teknik Operasi Katarak

Operasi Katarak bisa dilakukan dengan 3 teknik, dan yang paling modern adalah dengan menggunakan teknik phcoemulsification. Teknik operasi ini menggunakan mesin dengan tujuan memecahkan katarak menggunakan laser setelah itu di sedot keluar. Teknik modern ini hasilnya cukup bagus namun terkendala karena memerlukan mesin yang mahal dan mikroskop yang sangat besar dan hanya beberapa rumah sakit di Indonesia yang menggunakan teknik ini.

Teknik Operasi Katarak yang kedua adalah Small Incision Cataract Surgery (SICS), yang memang umum digunakan di negara berkembang. Teknik membuahkan hasil visual yang baik, tidak memerlukan mesin yang besar dan mikroskop yang dipakai portable sehingga bisa dibawa kemana-mana. Harga lensa yang digunakan juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga lensa phco.

Teknik Operasi Katarak yang terakhir adalah metode pembedakan dengan jahitan.  Teknik ini membutuhkan waktu operasi yang lama, dan proses penyembuhan pascaoperasi yang juga cenderung lebih lama.

Pencegahan Penyakit Katarak bisa dilakukan dengan pemeriksaan mata secara teratur, terutama bagi anda yang berusia lebih dari 60 tahun. Pemeriksaan mata untuk mendeteksi penyakit katarak bertujuan untuk dimungkinkan pengobatan sejak dini. Dan untuk menguranig kecepatan berkembangnya katarak, bisa ditekan dengan menghindari kebiasaan merokok, memperbanyak konsumsi buah dan sayur dan menjaga tubuh dari risiko penyakit degenartif seperti diabetes.

Ringkasan:
  • Katarak hanya bisa diobati dengan cara operasi yang dilakukan oleh dokter spesialis mata,
  • Kekambuhan penyakit katarak kembali setelah operasi adalah sekitas 5-10%,
  • Operasi Katarak bisa dengan teknik phcoemulsificationn, Small Incision Cataract Surgery dan pembedahan.

Post a Comment for "Kekambuhan Katarak Setelah Operasi"