Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Munculnya Katarak

Pengobatan Katarak
Penyakit Katarak merupakan gangguan kesehatan mata atau penyakit degeneratif yang mengiringi proses penuaan seseorang. Hal ini terutama bagi kita yang hidup di  negara tropis, yang memang akan lebih rentan terkena katarak lebih cepat. Lebih utama lagi bagi anda yang lebih sering terpapar sinar ultraviolet, seperti tinggal di daerah pesisir atau yang sering beraktifitas di luar ruangan saat siang hari.

Penyakit katarak atau kekeruhan lensa mata memang tidak bisa dicegah pada usia seseorang yang semakin tua. Namun, tahukan anda apabila kemunculannya bisa diperlambat sehingga tidak mengganggu penglihatan yang berarti di saat usia anda sudah tua. Adapun gejala penyakit katarak adalah penglihatan buram, sangat silau saat melihat lampu, dan melihat malam lebih terang daripada siang.

Menurut Yeni Dwi Lestari selaku Ketua Satuan Penanggulangan Buta Katarak Perdami, cara memperlambat munculnya katarak adalah dengan melindungi mata dari paparan langsung sinar ultraviolet secara langsung. Jadi bagi anda yang sering beraktifitas diluar ruangan saat siang hari sebaiknya menggunakan kaca mata hitam, payung, topi atau caping.

Penyakit Katarak pada pasien Diabetes

Selain paparan sinar UV, pasien diabetes juga lebih rentan terkena penyakit katarak. Dan bagi penderita diabetes yang sudah terkena katarak adalah mencegahnya agar tidak terjadi kebutaan. Untuk pencegahan katarak pada pasien diabetes, tentu dengan melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin dan mengontrolnya, karena tingginya kadar gula darah dapat mempercepat kekeruhan lensa penyebab katarak.

Mencegah kebutaan bagi pasien katarak adalah dengan operasi. Dan dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, Operasi katarak tidak sakit, bisa dilakukan dengan cepat, dan mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi.

Selain penyakit katarak, pasien diabetes juga berisiko tinggi mengalami retinopati diabetik. Penyakit ini menyerang retina mata yang juga bisa menjadi penyebab kebutaan. Sehingga bagi pasien diabetes yang mangalami katarak harus segera dilakukan pengobatan yang dilakukan oleh dokter spesialis mata dan retina.

Ringkasan:
  • Penyakit katarak lebih banyak menyerang anda yang tinggal di daerah tropis san orang yang lebih sering beraktifitas di luar rungan atau penderita diabetes,
  • Penyakit Katarak adalah adanya kekeruhan lensa mata yang akan mengganggu pengelihatan,
  • Mencegah katarak adalah dengan melindungi mata dari sinar UV langsung, dan mengatus kadar gula darah untuk penderita diabetes.

Post a Comment for "Tips Mencegah Munculnya Katarak"