Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Olahraga saat Menstruasi

Manfaat Olahraga saat Haid
Menstruasi bagi wanita tidak jarang mengganggu kehidupan sosial dan membuat pola makan sehat wanita menjadi bermasalah. Karena siklus ini juga, banyak wanita yang akhirnya libur untuk berolahraga. Padalah sebuah penelitian menemukan, bahwa olahraga selama dua minggu pertama siklus menstruasi berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Olahraga pada waktu ini akan membuat perempuan mendapatkan tenaga dan kekuatan, masa otot lebih tinggi, dibandingkan waktu lain dalam sebulan. Pernyataan tersebut merupakan hasi dari sebuah penelitian yang memang pada awalnya para peneliti tertarik pada jadwal latihan terbaik untuk wanita yang bebannya tidak berlebihan atau menyebabkan sindroma olahraga berlebihan yang menjadi penyebab gangguan siklus menstruasi.

Untuk kepentingan penelitian, para ahli melibatkan 59 wanita (beberapa di antaranya menggunakan kontrasepsi oral) yang ikut serta dalam program empat bulan untuk mengukur pengaruh latihan resistensi terhadap massa otot, kekuatan dan tenaga.

Semuanya melakukan latihan untuk tubuh bagian bawah 5 hari seminggu dan 2 minggu periode selama siklus menstruasi (baik 2 minggu pertama atau 2 minggu terakhir). Peserta juga mengikuti olahraga satu kali seminggu di sisa bulan. Sementara itu grup kontrol juga melakukan latihan resistensi 3 kali seminggu selama 1 bulan.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa wanita yang olahraga selama 2 minggu pertama siklus menstruasi mengalami peningkatan tinggi dan kekuatan maksimal dalam hal kecepatan dan kekuatan di otot hamstring. Mereka juga mengalami peningkatan massa tubuh yang bebas lemak pada bagian kaki.

Wanita yang olahraga selama dua minggu terakhir siklus mentruasi, tepatnya ketika sindrom pra menstruasi ada pada kondisi puncak tidak mengalami perbaikan itu. Sedangkan wanita dalam kelompok kontrol yang latihan secara konsisten sepanjang bulan mengalami peningkatan tinggi namun, pertambahan kekuatan otot dan fleksibilitas hanya terlihat di hamstring kiri. Tak ada tanda latihan berlebihan ditemukan di semua kelompok. Meski memang tidak dijamin mendapatkan hasil yang sama, tentu tidak ada salahnya anda mencoba cara di atas untuk olahraga saat sedang menstruasi.

Ringkasan:
  • Banyak wanita yang menghindari untuk berolahraga bahkan aktifitas fisik lainnya saat sedang haid,
  • Manfaat Olahraga saat Menstruasi adalah akan mendapatkan tenaga dan kekuatan, masa otot lebih tinggi.

Post a Comment for "Manfaat Olahraga saat Menstruasi"