Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya dan Penyebab Pembekuan Darah pada Kaki

Thrombosis
Hampir semua orang tentu pernah melakukan perjalanan jauh, duduk baik di kantor ataupun diatas kendaraan dalam waktu lama tanpa adanya aktivitas kaki sehingga kaki anda merasakan pegal-pegal. Memang kondisi pegal-pegal pada kaki merupakan hal yang sering terjadi, namun tahukan anda  ternyata ada hal lain yang bisa terjadi pada kaki, yang ditandai dengan gejala awal pegal-pegal.

Selain pegal-pegal, kaki anda juga bisa mengalami pembekuan darah atau dalam istilah medis disebut dengan thrombosis vena dalam. Thrombosis dalam istilah medis dimana kedaan darah yang mengalir mengalami penggumpalan pada vena dalam yang kemudian terjadi pembekuan.

Dalam beberapa kasus Thrombosis tidak menyebabkan gejala apa-apa. Namun, untuk pembekuan darah yang besar bisa menyebabkan kaki bengkak (terutaman di bagian betis) atau lengan, rasa sakit atau lenguh dan kaku, kulit kemerahan dan rasa panas apabila disentuh.

Adapun beberapa faktor penyebab thrombosis atau pembekuan darah adalah sebagai berikut:
  • Peningkatan pembekuan darah (hiperkoagubilitas),
  • Aliran darah yang melambatnya,
  • Ada kerusakan pada pembuluh darah.
Saat mengalami pembekuan darah, ada beragam kondisi yang dialami penderita thrombosis seperti mengidap kanker, kegemukan (obesitas), kurang bergerak, Stroke, kolesterol atau infeksi.

Bagi anda yang sering mengalami thrombosis Tips Kesehatan keluarga Bunda akan memberikan cara bagaimanan untuk mencegah thrombosis, yang diantaranya adalah:

Saat melakukan perjalanan jauh, sempatkan untuk melakukan gerakan kaki ringan/ berjalan ringan. Saat pergi berkendara, jangan sampai anda mendiamkan kaki tanpa melakukan gerakan sedikitpun dalam waktu yang lama.

Sering-seringlah menggerakkan atau melatih otot kaki, terutama bagian betis, karena otot tersebut berperan sebagai Pemompa darah.  Bagi anda yang sudah mengalami thrombosis vena dalam, jangan lupa mengkonsumsi obat pengencar darah, yang telah diresepkan oleh dokter.

Ringkasan:
  • Duduk terlalu lama tanpa melakukan aktifitas gerakan kaki akan memicu thrombosis atau pembekuan darah pada kaki,
  • Thrombosis sering terjadi pada saat perjalanan jauh atau berkerja dengan duduk dalam waktu lama
  • Penyebab thrombosis seperti hiperkoagubilitas, melambatnya aliran darah, dan kerusakan pembuluh darah,

Post a Comment for "Bahaya dan Penyebab Pembekuan Darah pada Kaki"