Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AWAS! Kanker Sering Terjadi pada Anak

Mengobati Kanker pada Anak
Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapapun bahkan tidak dibedakan berdasarkan usia, termasuk juga bisa menyerang anak-anak bahkan juga bayi sekalipun. Penyebab mengapa sel-sel menjadi tidak terkendali sehingga memicu kanker, sampai sekarang tidak diketahui secara pasti.

Menurut dr Anky Tri Rini KE, SpA-Onk saat ini setidaknya ada sekitar 200 jenis kanker. Bahkan jenis kanker pada orang dewasa juga bisa menyerang anak, tetapi ada juga yang tidak. Adapun Jenis Kanker yang Sering Terjadi pada Anak, adalah sebagai berikut:
  • Leukemia atau kanker darah adalah jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada anak-anak. Jenis kanker ini berbeda dengan jenis kanker lainnya, karena leukemia adalah jenis kanker cair, bukan kanker yang berupa tumor. Leukemia kongenital, merupakan kanker yang sudah dibawa sejak lahir, dan jenis kanker ini juga bisa menyebar ke organ tubuh lainnya. Pada anak laki-laki, bisa menyebar ke buah zakar atau testis. Adapun menyebarnya kanker ke alat kelamin anak laki-laki ini bisa dilihat jika besarnya testis kanan dan kiri tidak sama.
  • Retinoblastoma adalah kanker bola mata yang juga cukup sering menyerang anak-anak. Gejala awal Retinablastoma adalah mata anak terlihat seperti mata kucing, mata merah, dan mata juling. Retinablastoma ini bisa menyebabkan benjolan pada mata.
  • Neuroblastoma merupakan kanker pada sistem saraf anak. Kanker ini berbentuk tumor padat yang bisa muncul di beberapa bagian tubuh, dan sering kali muncul benjolan pada perut anak, yang ditandai dengan perut membesar dan padat ketika diraba.
  • Kanker tulang, tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga bisa menyerang anak-anak. Adapun gejalanya bisa berupa besarnya tungkai kaki yang tidak sama, dan yang perlu diwaspadai adalah Kanker tulang bisa menyebar ke paru-paru anak.
  • Kanker hati dan ginjal, merupakan salah satu kanker yang juga bisa menyerang anak-anak. Adapun gejalanya adalah perut anak yang semakin buncit dan apabila diraba muncul benjolan.
  • Kanker indung telur, merupakan salah satu jenis kanker yang memang jarang terjadi pada anak anak, dan hanya menyerang anak perempuan. dr Anky Tri Rini KE, SpA-Onk sendiri mengatakan pernah mendapati pasien kanker indung telur yang saat itu usia pasien masih belasan tahun atau masih SMP.
Ringkasan:
  • Ada sekitar 200 jenis kanker yang saat ini telah ditemukan dan bisa menyerang siapa saja,
  • Kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga bisa dialami oleh anak-anak bahkan oleh bayi yang baru dilahirkan,
  • Kanker yang Sering Terjadi pada Anak seperti, Leukemia, Retinoblastoma, Neuroblastoma, Kanker tulang, Kanker hati dan ginjal dan Kanker indung telur.

Post a Comment for "AWAS! Kanker Sering Terjadi pada Anak"