Waktu Bercinta Setelah Persalinan


Kesehatan Ibu Menyusui
Pola Hidup setelah persalinan atau kehadiran buah hati tentu akan mengalami perubahan, termasuk kehidupan s*ks. Pada umumnya pantangan bercinta setelah melahirkan adalah sampai masa nifas benar benar berakhir atau sekitar 40 hari, dan saat masa nifas wanita tidak boleh berhubungan suami istri.

Setelah persalinan, fisik dan mental istri butuh waktu pemulihan untuk kembali aktif bercinta. Meski sebenarnya masa puasa bercinta itu bervariasi, dan tergantung dari kondisi ibu. Namun memang yang paling umum adalah setelah pendarahan setelah bersalin tuntas, yaitu sekitar 3-4 minggu. Tidak sedikit dokter juga menyarankan lebih lama dengan alasan keamanan dan kesiapan mental ibu setelah persalinan.

Setelah persalinan, istri membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka akibat episiotomi, atau proses pelebaran jalan lahir dengan cara menggunting kulit dan otot di area vagina. Adapun lama penyembuhan atau pemulihan pada masing-masing wanita akan bervariasi.

Kondisi larangan Bercinta Setelah Persalinan juga berlaku pada wanita yang melahirkan secara operasi caesar. Catatan medis menyebut, bahwa proses persalinan caesar bisa membuat puasa bercinta setelah persalinan jadi lebih lama.

Meski bayi lahir tidak melewati v*gina, namun ibu tetap mengalami pendarahan akibat operasi caesar. Bekas luka dan jahitan bisa memicu rasa sakit dan infeksi. Pastikan luka operasi sudah kering dan tidak terasa sakit saat digunakan untuk bergerak.

Langkah paling efektif untuk mengetahui kapan istri siap kembali bercinta atau belum adalah dengan melakukan komunikasi. Cara komunikasi yang baik juga bisa membantu istri untuk pulih lebih cepat secara psikologis. Hal ini dikarenakan, faktor psikologif sangat penting bagi istri untuk memulai kehidupan s*ksualitas kembali.

Dan yang perlu diingat, apabila anda ingin mengatur jarak kehailan pastikan anda atau pasangan menggunakan alat kontrasepsi. Hal ini terutama apabila perlalinan secara caesar, karena waktu ideal jarak kehaliman adalah 2 tahun, untuk memastikan luka bekas operasi caesar telah benar-benar sembuh.

Ringkasan:
  • Persalinan akan merubah kehidupan kehidupan s*ks beberapa waktu terutama saat masa nifas dan kembalinya mood istri
  • Pantangan Bercinta Setelah Persalinan yang harus dipastikan adalah saat darah (nifas) sisa persalinan masih keluar,
  • Aspek yang perlu diperhatikan saat Bercinta Setelah Persalinan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang telah disepakati suami istri.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger