Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Risiko Penyakit akibat S*ks Bebas Saat Remaja

Bahaya S*ks Bebas Saat Remaja
Pengetahuan mengenai Kesehatan Reaproduksi tentu perlu diketahui sejak dini. Pengetahuan yang tidak tepat mengenai kesehatan reproduksi dan kesulitan menyesuaikan diri di masa remaja akan membuat remaja rentan melakukan s*ks pranikah. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi diri sendiri maupun orang tua. Adapun perilaku tersebut beresiko, mulai dari masalah fisik hingga mental.

Ferdhy Suryadi Suwandinata selaku Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta, menjelaskan, s*ks bebas mengundang risiko infeksi menular s*ksual, seperti HIV (human immunodeficiency virus) dan HPV (human papilloma virus). HPV bisa menyebabkan kutil kelamin hingga kanker. Resiko ini akan jauh lebih besar, terutama apabila anda sering bergonta-ganti pasangan.

Risiko s*ks bebas pada remaja akan berlanjut apabila terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan, secara fisik, organ reproduksi wanita berusia di bawah 20 tahun belum siap untuk mengandung. Selain itu dari segi hormonal belum matang, lalu secara psikis juga belum siap.

Kondisi tersebut diatas akan menyebabkan, remaja yang hamil berisiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah, hingga meningkatkan risiko kematian ibu dan bayi. Secara psikologis, kehamilan yang tidak diinginkan juga akan membuat calon ibu tidak peduli dengan kehamilannya. Ibu yang stres, bahkan depresi, akan sangat mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan. Asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi juga menjadi tidak seimbang.

Kehamilan yang tidak diinginkan pada remaja akhirnya rentan terjadinya aborsi yang tidak aman. Pilihan tersebut akan berakibat fatal, mulai dari pendarahan, infeksi, hingga kematian ibu. Pendidikan s*ks sejak dini, termasuk bagaimana menjaga kesehatan reproduksi sangat penting diberikan. Anda sebagai Orangtua juga seharusnya bisa mendampingi anak-anaknya melalui masa remaja, sehingga mereka tidak mudah mengikuti pengaruh negatif dari lingkungan.

Ringkasan:
  • Pengetahuan Kesehatan Reaproduksi pada remaja yang tidak tepat akan meningkatkan resiko s*ks pranikah,
  • Pelaku s*ks pranikah terutama pada remaja lebih berisiko terjangkit HIV dan HPV,
  • Kehamilan pada remaja berisiko terhadap kondisi kesehatan janin, ibu dan saat persalinan.

Post a Comment for "Risiko Penyakit akibat S*ks Bebas Saat Remaja"