Home » , , , , » Ibu Hamil mau Mudik? Baca Dulu Saran Dokter

Ibu Hamil mau Mudik? Baca Dulu Saran Dokter

Ibu Hamil yang mau Mudik tentu membutuhkan persiapan yang lebih khusus. Hal ini dikarenakan, selain harus menjaga diri, ada juga janin di dalam perut juga yang harus diperhatikan kesehatannya. dr Gita Maya Koemara Sakti Soepono, MHA, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan mengungkapkan, bahwa "Ketika ibu hamil akan mudik, persiapan yang dilakukan tergantung dari seberapa jauh dan seberapa lama ia akan pergi,"

Sebelum Ibu Hamil merencanakan untuk mudik lebaran sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter mengenai kondisi kehamilan. Apakah masih cukup kuat untuk mudik atau sebaliknya. Apabila dokter memperbolehkan Bunda untuk pergi mudik, pastikan Bunda tetap menyediakan waktu untuk beristirahat. Hal ini juga tergantung dari jenis kendaraan yang akan Bunda pilih.

Apabila Ibu Hamil mudik menggunakan kendaraan umum, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tempat-tempat peristirahatan yang akan disinggahi. Mencari tahu mengenai tempat peristirahatan menjadi penting karena dapat membantu Bunda mengetahui apakah transportasi pilihan tetap bisa menjaga kesehatan kehamilan.

Siapkan bekal makanan yang sehat untuk ibu hamil, karena apabila di perjalanan tentu akan lebih sulit mencari makanan sehat. Ibu Hamil sebaiknya menghindari makanan seperti gorengan atau jajanan yang kurang baik untuk kesehatan. Akan lebih baik apabila Bunda menyempatkan waktu untuk menyiapkan bekal sehat seperti sushi, sandwich, atau biskuit-biskuit yang sehat lainnya.

Aspek paling penting apabila Ibu Hamil ingin Mudik lebaran adalah selalu ada yang mendampingi dari pihak keluarga atau orang dekat lainya. Hal ini untuk menjaga, apabila terjadi sesuatu tetap ada yang mendampingi. Namun untuk mudik di saat usia kandungan trimester pertama dan ketiga sebaiknya anda tidak bekergian jauh apalagi dengan perjalanan darat.

Ringkasan:
  • Persiapan Ibu Hamil yang akan mudik disesuaikan dengan jarak tempuh dan berapa lama akan pergi,
  • Konsultasi dengan dokter merupakan hal yang penting dilakukan saat sebelum Ibu Hamil mudik lebaran,
  • Kandungan usia trimester pertama dan ketiga sangat tidak disarankan untuk berkendara jauh.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger