Home » , , , » Menghitung Masa Subur Wanita Supaya Cepat Hamil

Menghitung Masa Subur Wanita Supaya Cepat Hamil


Cara Menghitung Masa Subur Wanita
Menghitung Masa Subur Wanita dengan tepat merupakan salah satu langkah untuk mempercepat terjadinya kehamilan bagi pasangan suami istri. Selain Supaya Cepat Hamil, Mengetahui Masa Subur juga berguna bagi pasangan yang ingin mengatur jarak /menunda kehamilan.

Kalkulator Online untuk menghitung masa subur wanita dengan sistem kalender, saat ini sudah banyak sekali, bahkan tersedia juga Aplikasi Menghitung Masa Subur. Tidak hanya menghitung masa subur, bahkan aplikasi ini juga bisa memperkirakan kemungkinan melahirkan bayi laki-laki atau perempuan.

Namun bagi Bunda yang masih ingin menggunakan metode manual untuk Menghitung Masa Subur Wanita Supaya Cepat Hamil, bisa menggunakan metode perhitungan kalender dan memang efektif untuk Bunda yang mempunyai Siklus Haid Teratur atau setiap  21 - 35 hari.

Secara Umum masa ovulasi terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum hari pertama haid (tergantung siklus haid). Apabila Bunda mempunyai siklus menstruasi yang pendek, misalnya hanya 22 hari, maka masa subur terjadi hanya beberapa hari setelah haid berakhir. Masa ovulasi ini berbeda pada wanita satu dengan yang lainnya, sehingga, penting bagi Bunda mengetahui siklus haid agar dapat memperkirakan waktu ovulasi.

Masa Subur Wanita berada di sekitar waktu ovulasi, kira-kira lima hari sebelum ovulasi terjadi, atau hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Namun memang perhitungan ini berlaku untuk wanita yang mempunyai siklus haid teratur 28 hari. Namun, apabila Siklus Menstruasi berbeda, Bunda bisa mencoba mempelajari dan menghitung kapan masa subur Anda.

Selain proses ovulasi, kehamilan juga sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur dan kualitas sel telur. Agar bisa terjadi kehamilan, sel telur yang telah matang harus dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Selain dengan Menghitung Masa Subur dengan sistem kalender, Masa Subur Wanita juga bisa diketahui dengan indikator lain yang diantaranya adalah:
  • Mengukur Suhu basal tubuh saat bangun di pagi hari. Apabila terjadi kenaikan, makan Bunda telah mengalami ovulasi dalam 1 – 2 hari terakhir.
  • Adanya perubahan lendir yang berwarna bening, licin, dan elastis dari mulut rahim. Cairan inilah akan memperlancar dan melindungi jalannya sperma menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur sehingga terjadi pembuahan.
  • Beberapa wanita mengalami nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu bagian punggung pada saat mengalami masa subur. Hal ini juga dibarengi dengan perasaan lebih bergairah, lebih bersemangat, dan lebih mudah bersosialisasi saat mengalami masa subur.
Dengan Menghitung Masa Subur Wanita secara tepat dan dikuatkan dengan indikator-indikator lain seperti di atas, diharapkan kehamilan akan segera anda dapatkan. Namun tentu hal yang paling utama adalah baiknya kualitas sel telur dan sp*rma, yang hal ini bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan. Sehingga bagi anda yang sudah menikah selama satu tahun dan belum mendapatkan kehamilan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Ringkasan:
  • Menghitung Masa Subur Wanita bisa dilakukan dengan sitem kalender secara manual ataupun secara online di website atau aplikasi,
  • Masa subur wanita antara satu dengan yang lain akan berbeda, tergantung siklus mentruasi yang teratur atau tidak,
  • Mengetahui Masa Subur Wanita juga bisa dilakukan dengan mengukur suhu tubuh, mengamati lendir elastis dari mulut rahim.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger