Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Tidur Ibu Hamil agar Tidak Membahayakan Kehamilan

Posisi Tidur Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil yang salah bisa memicu berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan / peningkatan tekanan darah, pembengkakan kaki, mendengkur, nyeri otot, tidak aman dan nyaman. Posisi Tidur Ibu Hamil juga akan berpengaruh terhadap tingkat nyenyak dan kualitas tidur yang Bunda dapatkan.

Masalah yang cukup sering dialami oleh Ibu Hamil adalah sulit tidur, sehingga apabila Bunda memahami bagaimana Posisi Tidur Ibu Hamil yang benar, kondisi tersebut bisa diatasi. Adapun Posisi Tidur Ibu Hamil agar Tidak Membahayakan Kehamilan adalah sebagai berikut:

Posisi Tidur Ibu Hamil yang baik adalah menyamping ke Kiri, karena bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Posisi Tidur menyamping ke kiri membuat bagian abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi ini juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan.

Ibu Hamil sebaiknya tidur dengan menggunakan Bantal, agar posisi tidur ibu hamil lebih nyaman. Apabila Bunda merasa sesak napas atau bernapas pendek, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Apabila ibu hamil merasakan sakit pada ulu hati, letakkan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi. Bunda juga bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik. Sedangkan, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, Bunda bisa mengganjal dengan Bantal Ibu Hamil di bagian perut dan punggung.

Untuk meningkatkan kualitas Tidur Ibu Hamil di malam hari, di bawah ini ada beberapa langkah yang dapat membantu:
  • Buatlah rutinitas tidur dan bangun tidur di waktu yang sama untuk setiap hari.
  • Hindari olahraga ibu hamil yang berat disaat mendekati waktu tidur.
  • Ibu Hamil sebaiknya melakukan relaksasi sebelum tidur, seperti minum susu hangat yang dicampur madu, dan jangan minum teh, kopi, atau minuman bersoda karena pada umumnya mengandung kafein.
  • Bunda sebaiknya senam hamil secara rutin. Selain bisa membuat tubuh lebih bugar, bertemu dengan sesama Ibu Hamil juga bisa menjadi kesempatan berbagi cerita dan mengurangi kecemasan.
  • Apabila Ibu Hamil mengalami kram pada kaki hingga terbangun dari tidur, coba luruskan kaki dan tekuk ke atas bagian pergelangan kaki (sebaiknya dengan bantuan orang lain).
Adapun ada beberapa Posisi Tidur Ibu Hamil yang tidak boleh dilakukan, karena akan membuat tidak nyaman bahkan bisa berbahaya untuk kehamilan. Posisi Tidur Ibu Hamil yang berbahaya tersebut seperti Tidur Terlentang, Tidur Miring Ke Kanan, Tidur Tengkurap, Mengangkat Kaki ke Atas, Tidur Sambil Duduk, Tidur Terlentang Posisi Kepala Lebih Tinggi.

Ringkasan:
  • Posisi Tidur Ibu Hamil yang salah akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan bahkan membahayakan kehamilan,
  • Posisi Tidur Ibu Hamil yang baik adalah dengan miring ke kiri, karena sirkulasi darah akan lebih lancar,
  • Ada beberapa Posisi Tidur Ibu Hamil yang akan membuat tidak nyaman bahkan bisa berbahaya untuk kehamilan.

Post a Comment for "Posisi Tidur Ibu Hamil agar Tidak Membahayakan Kehamilan"