Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Keluhan Kehamilan

Cara Mengatasi Keluhan Kehamilan
Ibu Hamil tentu sering mengalami beragam keluhan, terutama karena perubahan fisik yang dialami. Keluhan ini merupakan hal yang umum terjadi, dan bahkan hampir semua Ibu Hamil akan mengalaminya. Selain faktor perubahan fisik, keluhan Kehamilan juga dipengaruhi karena perubahan hormon saat hamil. Salah satunya adalah Hormon progesteron yang memicu dinding pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat ibu hamil sering merasa pusing.

Pada Artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi beragam keluhan kehamilan yang sering dialami Ibu Hamil yang diataranya adalah:

Mengatasi Pusing pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi pusing pada Ibu Hamil adalah dengan mengetahui terlebih dulu penyebabnya. Apabila rasa pusing disebabkan karena faktor hormonal, penanganannya cukup dengan tidur dan menghindari stres. Namun apabila rasa pusing disebabkan karena anemia atau hipertensi, maka harus diatasi dengan meminum obat yang aman untuk ibu hamil dan sebaiknya mengikuti resep dokter.

Mengatasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

Hampir 50% - 70% Ibu Hamil akan merasakan mual dan muntah, bahkan kadang disertai juga  pegal, pusing dan meriang. Gejala yang sering disebut Morning sickness ini terjadi karena plasenta berkembang dan menghasilkan hormon HCG . Hormon inilah yang menyebabkan sering terjadi mual dan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung.

Adapun cara Mengatasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil adalah dengan sering mengkonsumsi snack ringan seperti crackres, kue beras, atau sebatang coklat. Makanlah ini juga bisa bunda konsumsi saat bangun tidur atau setelah mual hilang. Ibu Hamil juga harus memperbanyak makanan yang tinggi karbohidrat, minum air putih, mengkonsumsi vitamin B6, menjauhi makanan pedas dan yang paling penting adalah bersikaplah positif terhadap kehamilan sehingga mual-mual bisa berkurang.

Mengatasi sering Buang Air Kecil pada Ibu Hamil

Sering buang air kecil merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kantung kemih tertekan oleh janin yang semakin hari semakin membesar. Cara mengatasi dari keluhan ini adalah jangan menunda buang air kecil, agar tidak mengalami infeksi saluran kencing saat hamil.

Mengatasi Kram dan Sakit pada Kaki Ibu Hamil

Kram pada Ibu Hamil bisa diatasi dengan melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram atau menekuk pergelangan kaki ke arah atas saat kram terjadi. Bunda juga bisa menggerakan bagian tangan dan mengurut kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Agar kram tidak terlau menggangu, segera atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan dan cukup beristirahat.

Mengatasi Pegal-Pegal pada Ibu Hamil

Faktor Penyebab pegal-pegal pada Ibu Hamil bisa dikarenakan kekurangan kalsium atau karena ketegangan otot. Ibu Hamil membawa beban berlebih terutama di akhir-akhir kehamilan, sehingga otot-otot tubuh juga mengalami pengenduran sehingga mudah merasa lelah. Penyebab lain rasa pegal saat hamil, adalah ibu hamil kurang banyak bergerak dan berolahraga. Untuk Mengatasi Pegal-Pegal pada Ibu Hamil adalah senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil juga diharuskan mengkonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium.

Ringkasan:
  • Beragam Keluhan yang dialami ibu hamil disebabkan karena perubahan fisik dan hormonal,
  • Mengatasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil bisa diatasi dengan mengkonsumsi snack sehat sedikit demi sedikit,
  • Mengatasi kram pada Ibu Hamil bisa dilakukan dengan menekuk pergelangan kaki ke arah atas, setelah itu diurut dengan minyak.

Post a Comment for "Tips Mengatasi Keluhan Kehamilan"