Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Katarak dan cara Pengobatan Katarak

Pengobatan Katarak
Katarak merupakan kondisi dimana lensa mata keruh dan buram, dari yang awal tipis, hingga menyeluruh pada lensa yang menjadi penyebab kebutaan. Katarak lebih sering berhubungan dengan waktor penuaan, meski bisa juga terjadi pada usia muda, anak-anak bahkan pada balita yang tentu dengan penyebab yang berbeda.

Lensa mata berfungsi untuk memusatkan cahaya, dan atau gambar ke retina. Sedangkan Retina adalah bagian peka cahaya yang berfungsi untuk menerima gambar dan cahaya yang difokuskan oleh lensa untuk di teruskan ke otak. Sehingga untuk bisa menerima gambar secara jelas, lensa mata harus dalam keadaan jernih. Apabila lensa keruh atau tertutup karena katarak, maka gambar yang diterima retina akan kabur, dan pengelihatan juga akan kabur.

Penyebab Katarak

Lensa terdiri dari sebagian besar air dan protein yang tersusun sangat rapi dan menghasilkan media yang jernih sehingga bisa dilewati cahaya dan difokuskan ke retina. Namun karena bertambahnya usia, protein lensa mata mengalami denaturasi dan mulai menimbulkan kekeruhan. Kekeruhan lensa mata ini akan semakin melebar dan meluas, sehingga mata akan menjadi semakin kabur. Pada saat inilah katarak terjadi.

Selain faktor usia, penyebab katarak sangat dipengaruhi oleh adanya penyakit tertentu (seperti diabetes), kebiasaan merokok dan penggunaan alkohol, faktor lingkungan (paparan sinar ultraviolet berkepanjangan), atau konsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid dan statin.

Gejala Umum Katarak

Seseorang yang terkena katarak mempunyai Gejala umum seperti penglihatan berawan atau seperti tertutup kabut, warna tampak pudar, adanya glare dan halo saat melihat lampu atau cahaya yang terang, penglihatan malam memburuk, dan penglihatan kabur dan berbayang yang tidak bisa diperbaiki dengan kacamata.

Gejala awal katarak tersebut diatas bisa diatasi dengan kacamata yang sesuai, pencahayaan yang lebih terang, kacamata hitam anti silau, atau lensa pembesar. Namun apabila semakin tebal dan semakin menyeluruh akan menyebabkan berbagai kerusakan lain, seperti peradangan mata, kenaikan tekanan bola mata, bahkan terjadi kerusakan syaraf yang permanen.

Operasi Katarak

Saat perbaikan pandangan mata dengan kacamata tidak membantu, tindakan operasi merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan katarak. Adapun metode Operasi Katarak adalah dengan mengambil lensa yang sudah keruh, dan mengganti dengan lensa buatan yang ditanamkan sebagai pengganti.

Operasi katarak merupakan salah satu jenis operasi yang aman dan efektif, dimana lebih dari 90 % orang akan memiliki penglihatan yang lebih baik setelah melakukan operasi. Saat ini operasi Katarak juga telah menggunakan teknologi terbaru, yaitu dengan teknik fakoemulsifikasi. Dengan teknologi ini luka yang dihasilkan saat operasi Katarak menjadi lebih sedikit, dengan pengembalian fungsi penglihatan yang lebih cepat.

Prosedur Operasi Katarak

Sebelum dilakukan operasi, dokter akan memberikan obat tetes mata setiap 15 menit untuk melebarkan pupil. Operasi dilakukan dengan bius lokal dan hampir tanpa rasa sakit dan berlangsung kurang dari 1 jam. Setelah dilakukan tindakan operasi, mata akan di tutup dengan patch, untuk melindungi mata dari pengaruh luar yang bisa mengganggu penyembuhan luka operasi katarak. Pada kebanyakan kasus pasien katarak, setelah operasi pasien bisa langsung pulang bahkan sebelum operasi pasien tidak perlu rawat inap.

Setelah tindakan operasi, pasien biasanya akan mengalami rasa gatal, mengganjal atau kurang nyaman pada mata, dan ini merupakan hal yang biasa. Kondisi ini terjadi karena respon radang dan penyembuhan luka pasca operasi. Selama beberapa minggu setelah operasi katarak, pasien akan mendapat obat yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi.

Obat ini tentu harus digunakan secara teratur sesuai aturan pakai, dan ikuti petunjuk dokter tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah operasi katarak. Setelah operasi, pasien harus menjaga mata tetap bersih, mencuci tangan sebelum menyentuh mata dan gunakan obat yang diresepkan untuk membantu meminimalkan risiko infeksi pada mata pasca operasi.

Ringkasan:
  • Katarak adalah kondisi dimana lensa mata keruh dan buram dari kondisi awal yang tipis hingga menyeluruh pada lensa yang mengganggu pengelihatan,
  • Penyebab Katarak lebih sering karena faktor Usia, diabetes, merokok, alkohol, sering terpapar sinar ultraviolet, dan konsumsi obat obatan tertentu,
  • Pengobatan katarak adalah dengan operasi yang mempunyai tingkat keberhasilan hingga 90% untuk memperbaiki pengelihatan.

Post a Comment for "Mengetahui Katarak dan cara Pengobatan Katarak"