Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Frekuensi Minum Susu untuk Bayi Usia 1 Bulan

Frekuensi Minum ASI
Air Susu Ibu Merupakan satu-satunya jenis asupan yang diperlukan oleh bayi usia 0 sampai genap satu bulan. Rekomendasi ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan bayi, karena memang hanya ASI merupakan sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi usia berusia kurang dari 6 bulan. Adapun Frekuensi Frekuensi minum Air Susu Ibu (ASI) yang baik untuk bayi 1 bulan berikutnya akan Tips Kesehatan Keluarga Bunda Ulas pada Artikel ini.

Dengan hanya mengkonsumsi ASI, buah hari anda akan terhindari dari risiko alergi, terhindari dari infeksi saluran pencernaan bayi, meningkat daya tahan tubuh bayi, dan juga meningkatkan kedekatan emosional antara ibu dan buah hati. Untuk bayi berusia kurang dari 1 bulan, mempunyai frekuensi menyusu hampir setiap jam sekali. Hal ini dikarenakan pada masa ini, bayi sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Bayi Usia Dibawah 1 Bulan Minum Susu Berapa ml?

Bayi berusia 1 bulan akan menyusu sekitar 80 hingga 150 ml sekali minum. Frekuensi menyusu ini antara 8 - 12 kali dalam sehari atau sekitar 1 - 3 jam sekali. Adapun Indikator dari baik atau tidaknya kualitas dan kuantitas ASI bukan dinilai dari cepat atau lambatnya bayi minta menyusu, namun dilihat dari pertumbuhan anak (berat badan bayi, tinggi badan bayi dan lingkar kepala bayi). Selama Pertumbuhan Bayi baik sesuai dengan usianya, berarti ASI Eksklusif yang Bunda berikan sudah cukup.

Pemberian Susu Formula untuk Bayi 1 Bulan

Pemberian susu formula untuk bayi harus sangat dibatasi, dan diberikan apabila hanya ada kondisi yang darurat yang mengharuskannya. Sebagai contoh apabila ibu meninggal atau ibu sakit dan belum ditemukan donor ASI yang sesuai, Ingat utamakan untuk mencari Donor ASI.

Apabila memang terpaksa menggunakan Susu Formula, Frekuensi dan Takaran Susu Formula harus sesuai dengan petunjuk yang telah dijelaskan di kemasan masing-masing susu formula tersebut.

Sama halnya seperti orang dewasa, bayi bukanlah kalkulator, yang bisa diprediksi secara akurat kapan lapar, kapan haus, berapa banyak menyusui , berapa jam sekali buang air besar ataupun kencing. Semua sangat bervariasi tergantung dari usia, kebiasaan, kondisi lingkungan, atau penyakit tertentu.

Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas ASI

Adapun bagi bunda yang ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI untuk mendukung pertumbuhan bayi, bisa melakukan tips sebagai berikut:
  • Menyusui bayi usia di bawah satu bulan secara teratur paling tidak 1-2 jam sekali,
  • Perah ASI setiap kali tidak sedang disusui (bayi tidur terlalu lama)
  • Jangan sampai stres,
  • Pastikan waktu Istirahat anda cukup dan berkualitas,
  • Minum 8-12 gelas perhari,
  • Mengkonsumsi Makan makanan bergizi.
Semoga penjelasan diatas berguna bagi anda Ibu Menyusui, apabila ada permasalahan yang belum terjawab silakan berkonsultasi langsung dengan konselor laktasi atau dokter spesialis anak di rumah sakit di sekitar rumah Bunda.
Ringkasan:
  • Pemberian ASI Eksklusif bertujuan untuk menjaga kesehatan bayi agar terhindar dari alergi dan gangguan pencernaan, 
  • Bayi berusia 1 bulan akan menyusu sekitar 80 hingga 150 ml sekali minum dengan sekitar 1 - 3 jam sekali,
  • Pemberian susu formula untuk bayi sangat tidak disarankan kecuali ada kondisi yang darurat seperti ibu meninggal atau sakit dan tidak mendapatkan donor ASI.

Post a Comment for "Frekuensi Minum Susu untuk Bayi Usia 1 Bulan"