Home » , , , » Cara agar ASI Keluar Banyak dan Kebutuhan ASI Bayi Tercukupi

Cara agar ASI Keluar Banyak dan Kebutuhan ASI Bayi Tercukupi

Untuk Bunda yang baru saja melahirkan dan ingin memberikan nutrisi terbaik untuk bayi Bunda, yaitu ASI, Tips Kesehatan Keluarga Bunda mempunyai beberapa tips untuk Bunda agar ASI dapat keluar dengan lancar dan berlimpah. Tips-Tips menyusui ini didasarkan pada pengalaman yang telah banyak ibu buktikan hasilnya.

Banyak manfaat dari menyusui, yang Pertama harganya murah! Dan kemudian kita bisa memberi ASI kapan pun bayi menginginkannya. Kedua, mengandung antibodi yang membantu bayi Bunda melawan virus dan bakteri. Ketiga, ASI adalah kebersihan karena bersumber dari payudara ibu secara langsung.

Adapun 5 tips untuk Ibu Menyusi agar ASI berlimpah adalah sebagai berikut:

Tips untuk Ibu menyusui yang Pertama adalah Bunda dapat melakukan perawatan payudara setelah melahirkan. Untuk perawatan payudara, kita perlu minyak bayi, 2 sarung tangan lap, dan air panas. Pertama, tuang dan gosokkan minyak bayi ke tangan Bunda. Tekan payudara Bunda sambil menariknya ke atas, sideway, dan dari bawah. Lakukan sebanyak 10 kali. Langkah kedua. Salah satu tangan Bunda memegang payudara Bunda ke atas dan tangan lainnya menekan payudara dari atas. Lakukan selama 10 kali untuk kedua payudara kiri dan kanan. Lakukan selama 10 kali untuk kedua payudara kiri dan kanan. Langkah ketiga! Salah satu tangan Bunda memegang payudara Bunda ke atas dan tangan lainnya menekan payudara dari atas. Lakukan 10 kali untuk kedua payudara kiri dan kanan. Setelah melakukan perawatan payudara ini, beberapa ASI biasanya keluar dari payudara Bunda. Jika Bunda ingin menarik air susu ibu, metode tersebut ditarik keluar dan kemudian tekan putingnya. Jangan menekan puting dengan keras karena akan membuat puting Bunda lecet. Jadi cara yang benar adalah menarik keluar dan kemudian menekan putingnya. Biasanya puting akan mengeluarkan ASI setelah perawatan ini. Setelah melakukan tiga langkah, kita perlu mengompres payudara dengan sarung tangan lap. Pakai sarung tangan kain lap ke dalam air panas. Kompres payudara dengan sarung tangan hangat. Lakukan perawatan payudara ini sekali sehari sebelum mandi sampai ASI lancar atau jika payudara Bunda bengkak.

Tips untuk Ibu menyusui yang Kedua adalah Konsumsi suplemen vitamin. Suplemen vitamin ini biasanya diberikan dari rumah sakit setelah melahirkan. Cukup konsumsi suplemen sampai ASI Bunda lancar. Setelah ASI lancar silahkan berhenti mengkonsumsi suplemen pelancar ASI dari Rumah Sakit.

Tips untuk Ibu menyusui yang Ketiga adalah Makan dengan jumlah dan jenis makanan yang tepat. Ada beberapa makanan yang membantu mempercepat ASI, seperti daun katuk (tersedia di Asia Tenggara) dan ayam buras. Bunda tidak pernah khawatir tentang berat badan karena semakin saya memberikan ASI maka berat badan tetap akan terkontrol.

Tips untuk Ibu menyusui yang Keempat adalah Memerah ASI apabila payudara keras, agar tidak terjadi infeksi. Payudara bengkak sering dialami oleh Ibu Menyusui terutama paa 2 bulan pertama setelah kelahiran bayi. Hal ini dikarenakan produksi ASI masih lebih berlimpah dibandingkan kebutuhan Bayi. Dengan memerah ASI makan produksinya akan tetap terjaga dan Bunda tidak akan mengalami bengkak payudara yang tentu menyakitkan.

Tips untuk Ibu menyusui yang Kelima adalah Berpikir positif, karena pasti lingkungan kita pasti akan mempengaruhi pikiran kita. Jika seseorang meragukan kemampuan Bunda untuk menyusui dan menyarankan Bunda untuk memberikan susu formula untuk bayi, maka abaikan saja suaranya dan yakinlah. Karena setiap wanita diciptakan untuk memiliki kemampuan untuk menyusui. Selama Bunda memiliki pikiran positif dan mencoba semua 4 tips sebelumnya semoga Bunda dapat berhasil menyusui

Beberapa tips di atas semoga bisa membantu Bunda yang sedang dalam proses pemberian ASI eksklusif atau program menyusui hingga usia 2 tahun. Semoga usaha yang dilakukan berhasil dan Bunda selalu dalam keadaan sehat.

Ringkasan:
  • Perawatan payudara agar ASI berlimpah bisa dilakukan sesaat setelah persalinan,
  • Saat setelah persalinan Bunda bisa mengkonsumsi suplemen pelancar ASI agar ASI segera keluar gan diberikan kepada Bayi,
  • Pikiran Positif sangat berpengaruh terhadap produksi ASI untuk mencukupkan kebutuhan Bayi.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger