Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan di Waktu Musim Hujan




Hujan terjadi hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia, kita harus senantiasa selalu menjaga kondisi tubuh kita untuk tetap sehat. Berbagai penyakit mulai menyerang seperti flu, batuk, pilek hingga demam berdarah. Oleh karena itu, kita semua harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik, terutama pada musim pancaroba harus bener sehat tubuh kita.
1.      Sedia Payung (Sedia Payung Sebelum Hujan)
Peribahasa sedia payung sebelum hujan, peribahasa ini juga bisa digunakan sebagai Tips untuk menjaga kesehatan kita diwaktu hujan. Pada saat musim pancaroba ini kita perlu menjaga lebih siap kesehatan tubuh kita.  
Agar tetap sehat di musim hujan, pastikan tubuh dan pakaian yang dikenakan selalu kering. Jangan lupa membawa payung kemanapun pergi, meskipun cuaca sedang cerah, karena hujan deras bisa turun kapan saja. Jika perlu pakailah jas atau jaket anti angin dan air ketika bepergian.

2.      Lengkapi Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi sangat penting memenuhi kebutuhan gizi agar tubuh tetap sehat dan tidaak mudah terserang penyakit diwaktu hujan. Makan buah-buahan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa konsumsi nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, serat vitamin dan mineral.

3.      Rajin Cuci Tangan

Rajin cuci tangan, untuk menjaga tubuh dari penyakit flu, batuk dan pilek, rajin-rajinlah cuci tangan menggunakan sabun setiap kali selesai beraktivitas. Gosokkan sabun ke sela-sela jari, telapak tangan, dan punggung tangan. Keringkan dengan handuk setelah dibilas.

4.      Minum Banyak Air Putih
Usahakan tubuh tetap terhidrasi agar sistem imun tetap terjaga. Minumlah air putih minimal 6-8 gelas sehari, lebih disarankan air hangat. Seperti dilansir Asia One, air putih hangat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga daya tahan tubuh meningkat.

5.      Perbanyak Asupan Vitamin C

VitaminC merupakan antioksidan terbaik untuk daya tahan tubuh. Perbanyak asupan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, jambu biji, stroberi, brokoli juga pepaya. Mencukupi kebutuhan vitamin C akan menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan.

6.      Gunakan Masker
Gunakan masker diwaktu bepergian bisa digunakan juga sebagai tips, karena untuk penangkal dari virus seperti batuk, flu dan pilek. Dikala kita keluar rumah gunakan masker dan hindari berdekatan dengan orang yang terkena batuk, flu, dan pilek. 
7.      Olahraga 

https://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com/2014/01/tips-olahraga-saat-sakit-flu-agar-cepat.html
Selain Tips diatas olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, usahakan setiap hari olahraga minimal 30 menit untuk menjaga kondisi. Olahraga ringan seperti jogging, jalan, bersepeda lebih dianjurkan namun lakukan olahraga tersebut diwaktu cuaca tidak hujan. Tips olahraga lain bisa juga lakukan olahraga ditempat fitness, ini juga lebih dianjurkan diwaktu cuca hujan kita bisa olahraga ditempat fitness.
Tipsdiatas tidak hanya baik dilakukan diwaktu hujan saja, namun bisa dilakukan dimusim apapun. Karena menjaga kondisi tubuh sangat baik untuk tubuh kita selalu sehat dan bugar. Apabila kita merasa badan kurang sehat langsung periksakan ke klinik terdekat supaya mendapatkan penanganan yang baik dan terhundar dari virus yang menyerang tubuh.



Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan di Waktu Musim Hujan"