Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ancaman Diabetes pada Anak-anak Lebih Berbahaya

Ancaman Diabetes pada Anak
Saat ini banyak orang dan mungkin anda beranggapan bahwa diabetes adalah penyakit yang hanya diderita orang dewasa atau bahkan lansia. Padahal, berdasarkan kenyataannya Ancaman Diabetes pada Anak-anak terus meningkat. Berdasarkan data di tahun 2011 dari International Diabetes Federation, diperkirakan 366 juta orang di dunia menderita diabetes. Dan dari jumlah tersebut 78.000 diantaranya adalah anak-anak yang menderita diabetes tipe 1. Data tersebut tentu hanya didapat dari dokter endokrinologi, padahal sebenarnya masih banyak yang belum terdiagnosa. Fenomena peningkatan jumlah pasien diabetes pada anak ini tentu menjadi bom waktu bagi masalah kesehatan di dunia.

Tipe Diabetes pada Anak

berdasarkan penyebabnya, diabetes dibagi menjadi diabetes tipe 1 yang disebabkan oleh kerusakan pankreas sehingga tidak bisa menghasilkan insulin sama sekali, dan diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, diabetes pada kehamilan, serta diabetes tipe lain yang disebabkan karena kelainan tertentu, seperti diakibat penyakit hipertiroid. Dari beberapa tipe tersebut, yang termasuk tipe utama adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Jenis iabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang sering menyerang anak-anak dan remaja. Penyakit ini timbul karena imunitas tubuh menghancurkan sendiri insulin yang diproduksi sel beta dari pankreas. Penyebabnya bisa karena faktor genetik atau serangan virus.

Yang cukup merepotkan dan menjadi masalah adalah, gejala dan tanda diabetes tipe 1 muncul mendadak, dan cukup banyak anak yang tidak memiliki riwayat diabetes tetapi setelah dilakukan pengecekan laboratorium ternyata terdiagnosa diabetes. Pada diabetes tipe 1 yang sering diderita anak-anak ini, pankreas tidak dapat menghasilkan insulin. Dan untuk bertahan hidup pasien harus diberikan insulin dari luar dengan cara suntikan yang bisa dilakukan sampai empat kali dalam sehari, dan tentu dengan biaya yang cukup mahal. Untuk itu anda sebagai orang tua sebaiknya memperhatikan pola makan, berat badan dan aktivitas fisik anak. Apabila anak anda menderita Gejala awal Diabetes, seperti; cepat lapar dan haus, sering buang air kecil, berat badan tidak pernah naik atau turun secara drastis, maka sebaiknya anda segera memeriksakan buah hait anda ke dokter untuk pengecekan kadar gula darah. 

Penanganan Tepat Diabetes pada Anak

Selain melakukan suntikan insulin Penderita diabetes tipe 1 harus selalu memperhatikan pola makan, mengontrol level kadar gula darah, olahraga teratur dan pengetahuan agar anak memahami kondisinya. Tujuan utama dari pengobatan diabetes pada anak adalah menjaga pertumbuhannya tetap normal, mengontrol kenaikan gula darah dan mengurangi faktor risiko komplikasi pada anak.

Suntikan insulin harus disertai dengan Pemeriksaan gula darah. Hal ini untuk menentukan dosis insulin yang diperlukan. Gula darah yang terlalu tinggi (hiperglikemi) atau terlalu rendah (hipoglikemi) sama-sama berbahaya bagi pasien diabetes tipe 1. Hipoglikemi bisa menyebabkan koma diabetikum yang mengancam jiwa, sedangkan kondisi Hiperglikemi akut akan menyebabkan keracunan keton dan memicu komplikasi.

Pengobatan Diabetes pada Anak-anak, diperlukan kerja sama antara Orangtua dan tim medis. Mereka harus memonitor dan membantu anak menjalani kehidupan kesehariannya. Anda sebagai Orangtua dan keluarga harus mengetahui apa itu diabetes, pengobatan, penanangan gizi, diet diabetes, serta pencegahan terjadinya komplikasi. Setiap pihak baik itu keluarga dan orang-orang yang ada disekitar anak harus mengetahui penanganan pertama apabila terjadi keadaan darurat.

Pencegahan Diabetes pada Anak

Dalam penelitian akhir-akhir ini, Para ahli gizi berpendapat bahwa sarapan adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Karena dengan sarapan setiap hari, akan mengurangi risiko terkena diabetes, obesitas, atau menimbun lemak perut. Selain itu untuk Pencegahan, anda harus memastikan anak mempunyai waktu tidur yang cukup. Sehingga tidak ada salahnya apabila anda secara rutin memberikan sarapan yang cukup dan memperhatikan waktu istirahat untuk anak anda mulai saat ini, sebagai Pencegahan Diabetes pada Anak dengan cara yang sederhana.

Dengan penanganan yang tepat, Ancaman Diabetes pada Anak-anak bisa diminimalkan dan anak akan hidup lebih sehat dan tumbuh optimal. Penyanyi Nick Jonas, Aktris Halle Berry, dan atlet renang olimpiade Gary Hall Jr, adalah contoh kasus yang bisa membuktikan bahwa penyandang penderita diabetes tipe 1 yang bisa hidup sehat dan lebih sukses.

Ringkasan:
  • Sampai tahun ini, penderita Diabetes tipe 1 pada Anak-anak terus meningkat.
  • Pasien Diabetes tipe 1 memerlukan tambahan insulin dengan cara suntikan 4 kali dalam sehari.
  • Pengobatan yang tepat pada Anak yang menderita Diabetes akan menjaga pertumbuhan tetap optimal dan terhindar dari komplikasi.

Post a Comment for "Ancaman Diabetes pada Anak-anak Lebih Berbahaya"