Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi Berbasis Hormon bagi Wanita


Gambar Efek samping penggunaan Alat Kontrasepsi
Efek samping penggunaan Alat Kontrasepsi secara medis, terutama berbasis hormone (pil dan suntik KB yang biasanya digunakan oleh wanita), sering menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Namun memang anda sebagai pengguna tidak akan tahu alat kontrasepsi jenis apa yang cocok sebelum mencobanya.

Sedangkan berdasarkan pengalaman beberapa wanita yang menggunakan metode kontrasepsi berbasis hormon, menimbulkan efek samping seperti berikut:

Pusing, Sakit Kepala, NyeriPayudara, biasa dialami oleh wanita yang baru saja memulai mengkonsumsi pil KB. Namun Efek Samping Penggunaan AlatKontrasepsi ini akan hilang setelah mengonsumsinya beberapa waktu.

Mual adalah Reaksi yang bisanya timbul saat mengkonsumsi kontrasepsi, dan mungkin akan hilang setelah beberapa bulan. Tips yang bisa anda lakukan adalah dengan mengonsumsi kontrasepsi oral, sambil menyantap makanan. Namun apabila rasa mual tidak juga hilang, sebaiknya mencoba alat kontrasepsi dalam rahim.

Pendarahan, adalah efek samping yang sering membuat wanita stres dibanding efek samping menggunakan alat kontrasepsi yang lain. Terjadinya pedarahan tentu tidak terduga, dan biasanya terjadi pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dengan metode suntikan, implant, atau pil KB.

Menurunnya Gairah Seks, biasnya juga terjadi pada wanita yang menggunakan metode pil KB. Untuk mengatasi Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi ini, gantilah pil KB dengan yang lebih androgenik (seperti testosteron). Namun apabila hal tersebut tidak terjadi pilihlah metode kontrasepsi yang lain.

Perubahan suasana hati, adalah efek samping yang biasanya akan dirasakan oleh semua wanita yang menggunakan metode hormonal sebagai upaya Mencegah Kehamilan saat KB. Namun bagi anda yang tetap ingin mengkonsumsinya, biasanya juga akan meresepkan anti-depresan.

Kelima Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi tersebut memang sering dirasakan wanita yang menggunakan kontrasepsi berbasis hormon, seperti suntik dan pil KB. Namun apabila efek samping tersebut semakin memburuk, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemecahan masalah yang tepat. Dan sebagai pilihan lain anda juga bisa Mencegah Kehamilan saat KB dengan Metode Kalender.

Ringkasan:
  • Alat Kontrasepsi pada wanita seperti Suntik atau Pil KB sering menimbulkan beberapa Efek samping,
  • Pusing, Sakit kepala, nyeri payudara, Mual, Pendarahan, Menurunnya Gairah Seks,Perubahan suasana hati, adalah efek samping penggunaan Kontrasepsi Hormonal,

Post a Comment for "Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi Berbasis Hormon bagi Wanita"