Cara Cepat Menaikan Trombosit Pasien DB

Cara Cepat Menaikan Trombosit Pasien Demam Berdarah
Menaikan Trombosit Pasien DB (Demam Berdarah) dengan Cepat memang menjadi keinginan bagi paseien atau keluarga pasien demam berdarah. Hal ini dikarenakan penyakit Demam Berdarah akan menurunkan Trombosit dengan singkat, seperti pada kasus salah satu pasien DN, dalam waktu dengan Trombosit awal sebesar 135 turun menjadi sekitar 50 dalam waktu 3 hari. Hal ini tentu menjadi kewaspadaan di musim pancaroba, seperti sekarang ini dimana wabah DB menjadi ancaman yang serius dan sulit terbendung.

Trombosit adalah salah satu komponen darah yang penting, sehingga apabila trombosit turun atau lebih rendah dari normal, maka harus segera dinaikan agar kembali dalam kondisi normal. Trombosit atau disebut juga platelet (keping darah), merupakan sel kecil yang ada dalam darah, yang berfungsi untuk membantu pembentukan bekuan darah, sehingga dapat menghentikan apabila ada perdarahan yang terjadi. Trombosit yang normal hanya bertahan hidup sekitar 9 hari dalam aliran darah dan secara konstan akan digantikan oleh sel-sel baru yang dibentuk oleh sum-sum tulang pada manusia atau hewan.

Apabila nilai trombosit terlalu rendah, maka perdarahan yang berlebihan dapat terjadi dapat mengancam jiwa. Pendarahan tidak hanya terjadi dibagian luar tubuh karena luka (pendarahan eksternal), namun juga bisa bisa terjadi secara internal (tak terlihat karena di organ dalam).

Nilai (jumlah) trombosit normal adalah 150.000 sampai 450.000 trombosit per mikro-liter darah.  Dan untuk menaikan Trombosit pada pasien DB (Demam Berdarah), adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi jenis makanan sehat terutama buah-buahan (jeruk, tomat, jambu merah dan kiwi) dan sayuran segar berdaun hijau.
  • Hindari makanan olahan, gula halus, alcohol, minuman mengandung kafein, dan makanan siap saji. Juga hindari alkohol dan minuman berkafein. Karena makanan dan minuman tidak sehat tersebut dapat menyebabkan jumlah trombosit menjadi lebih turun karena dapat menghambat produksi oleh sumsum tulang.
  • Konsumsi Makanan yang mengandung Vitamin B12 (telur, susu, keju, hati, dan daging kambing) dan asam folat Vitamin B12 (bayam, buah jeruk, dan kacang kering).
  • Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 (ikan, minyak biji rami, minyak ikan, tuna, dan salmon liar), untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami dan dapat meningkatkan trombosit.
  • Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral (1.000 IU vitamin C setiap hari), apabila anda sulit mencerna buah-buahan atau sayuran tertentu. Suplemen akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat menaikkan trombosit secara alami.
  • Minum air hangat Air dan hindari minuman dingin, karena minuman dingin dapat mempengaruhi cara tubuh untuk menyerap nutrisi.
  • Perbanyak minum air putih, karena Sel-sel darah terbuat dari air dan protein, sehingga apabila anda minum lebih banyak air, maka anda akan menghasilkan lebih banyak sel darah termasuk meningkatkan trombosit.
  • Istirahat dan tidur minimal 7 sampai 8 jam per malam, untuk membantu tubuh kembali fresh dan memproduksi lebih banyak trombosit.
  • Hindari Aktifitas yang dapat menyebabkan perdarahan, termasuk Olahraga atau kegiatan yang dapat menimbulkan cedera (goresan, benturan, atau luka).
  • Hindari Obat pereda nyeri dan penurun panas (demam) yang dapat menghambat produksi dan fungsi trombosit, yaitu Aspirin dan Ibuprofen. Sehingga saat anda menderita demam namun ada orang-orang disekitar anda terserang Demam Berdarah, segera konsultasikan kepada dokter agar diberikan obat yang tepat.

Selain cara diatas, anda juga bisa memanfaatkan Jus daun Pepaya sebagai obat tradisional demam berdarah tanpa efek samping. Manfaat Daun Pepaya yang mengandung enzim papain dan chymopapin untuk meningkatkan trombosit telah dibuktikan berdasarkan penelitian. Perusahaan farmasi juga sudah menggunakan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair sebagai obat peningkat trombosit yang turun. Banyak dokter juga merekomendasikan penderita demam berdarah minum 20 sampai 25 ml jus buah papaya, dua kali sehari selama seminggu sebagai obat Demam Berdarah Alami

Dengan penanganan yang tepat maka Menaikan Trombosit Pasien DB (Demam Berdarah) bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Yang terpenting adalah selalu cek kondisi trombosit anda, dan selalu menjaga lingkungan tempat tinggal, karena DB akan berkembang pesa pada lingkungan yang tidak dijaga.

Ringkasan:
  • Cara Cepat Menaikan Trombosit Pasien DB (Demam Berdarah) bisa dilakukan dengan cara mudah dan alami,
  • Konsumsi jeruk, tomat, jambu merah, kiwi dan sayuran segar berdaun hijau dapat meningkatkan produksi trombosit pasien DB,
  • Pasien DB disarankan memperbanyak minum air putih namun harus menghindari air yang dingin.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger