Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Senam Hamil sebagai Motivasi Persalinan Normal

Gerakan Senam Hamil bisa dilakukan dengan sederhana dirumah atau ada juga gerakan senam hamil di dalam air yang tentu harus dilakukan di kolam renang. Bagaimana gerakan senam ibu hamil yang membantu memudahkan persalinan, sering menjadi pertanyaan ibu hamil, terutama bagi mereka yang beru pertama kali hamil (Kehamilan Anak Pertama). Padahal sebenarnya senam hamil tidak mutlak menjadikan proses persalinan normal lebih mudah. Karena mudah atau sulitnya proses persalinan normal dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti ukuran bayi, ukuran jalan lahir dan kondisi ibu hami.

Senam Hamil hanya berpengaruh terhadap satu faktor yang mempermudah proses persalinan normal, yaitu meningkatkan kondisi fisik ibu hamil agar tetap fit dalam menjalani persalinan. Namun hal ini juga tidak mudah, karena Perubahan fisik selama kehamilan sering menjadi halangan untuk Ibu Hamil berolahraga atau beraktifitas. Tips agar anda tetap semangat melakukan senam hamil tentu saja, dengan mengesampingkan faktor yang dapat mempermudah persalinan normal dan tetap berpendapat bahwa senam hamil dapat melancarkan proses persalinan normal. Dan persalinan normal akan memberikan banyak sekali keuntungan dibandingkan Resiko Persalinan Caesar.

Gerakan Senam Hamil di Rumah

Senam hamil bisa mulai dilakukan ketika Usia Kehamilan Trimester, dan dilakukan sampai ada tanda tanda akan melahirkan. Gerakan senam hamil di rumah dilakukan untuk melatih otot-otot vital yang digunakan saat proses persalinan seperti otot perut, panggul, paha.

Adapun Gerakan Senam Hamil di Rumah yang sering dilakukan adalah Senam Kegel, Gerakan Merangkak, Gerakan Berbaring Miring ke kanan dan ke kiri, Duduk Rileks Bersila selama beberapa menit, Hands and back up train, Hip dan gerakan Mencium Lantai.

Agar lebih mudah dan tidak menimbulkan bahaya terhadap kehamilan anda, sebaiknya saat awal-awal belajar senam hamil ada pendamping atau dilakukan di tempat-tempat pelatihan senam ibu hamil atau bidan di daerah tempat tinggal anda.

Gerakan Senam Hamil di Dalam Air

Senam Hamil di dalam Air merupakan salah satu cara yang baik untuk menjaga stamina pada masa kehamilan. Gerakan Senam ini bisa dilakukan di dalam kolam renang yang didesign khusus untuk ibu hamil atau dikolam renang biasa. Senam air dapat menjadikan tubuh ibu hamil lebih sehat dan bugar. Gerakan Senam air juga tidak memberikan beban yang berlebih pada tulang dan sendi sehingga akan mengurangi risiko cedera pada ibu hamil. Hal ini tentu disebabkan karena air memberikan tekanan secara optimal pada otot yang dapat membantu ketahanan otot ibu hamil saat bergerak.

Adapun gerakan senam hamil di dalam air yang bisa dilakukan adalah Gerakan Cross cauntry skiSumber (menggerakan kaki dan tangan mirip gerakan jalan), Gerakan Floating Frog (mirip dengan gerakan melompat katak), Gerakan Pendulum Cross (melompat dengan satu kaki dengan kaki di pinggang)

Gerakan Senam Ibu Hamil tersebut bisa di dalam kolam renang dengan kedalam air minimal satu meter. Apabila anda merasa takut untuk belajar Senam Hamil di Dalam Air, sebaiknya minta bantuan instruktur ataupun pasangan anda untuk mendampingi.

Ringkasan:
  • Gerakan Senam Hamil bisa membantu kelancaran proses persalinan normal dengan syarat jalan lahir dan ukuran bayi cukup,
  • Belajar Senam Ibu Hamil di dalam rumah lebih sederhana, namun berisiko cukup tinggi bagi pemula sehingga perlu pendampingan.
  • Gerakan Senam Hamil di Dalam Air dapat membantu ketahanan otot ibu hamil saat bergerak.

Post a Comment for "Gerakan Senam Hamil sebagai Motivasi Persalinan Normal"