Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Pengambilan Keputusan Pelayanan Kesehatan untuk Negara Berkembang


Negara-negara yang sedang berkembang menggunakan teknologi untuk meningkatkan industri, termasuk Industri Kesehatan. Mereka memanfaatkan solusi TI untuk meningkatkan hasil tes terhadap kesehatan. Hal tersebut juga didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia HHS seperti; the International Red Cross, U.S. agencies such as USAID, and World Health Organization.

Organisasi kesehatan tersebut memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas program dan melakukan audit pekerjaan di lapangan. Salah satu organisasi tersebut juga memanfaatkan ontologis aplikasi DSS (Decision Support System) untuk membantu menentukan masalah kesehatan di negara berkembang serta untuk untuk mengukur dampak dari inisiatif suatu penyakit.

Ontologically Engineered Software

Untuk memenuhi persyaratan
yang telah ditentukan oleh HHS internasional, Perusahaan TerraFrame perangkat lunak berbasis di Colorado, telah mengembangkan DSS yang merupakan pengendalian vektor perangkat lunak itu sebuah platform ontologi yang integrated Geographic Information System (SIG). Apliaksi ini dirancang untuk digunakan sebagai manajemen terkait pengambilan keputusan di negara berkembang. Aplikasi yang dikembangkan oleh TerraFrame ini, telah di uji cobakan kepada masyarakat untuk mengidentifikasi penyakit umum (malaria) di negara Afrika. Dan untuk saat ini terus dikembangkan Aplikasi untuk mengatasi berbagai penyakit di beberapa negara.

Sistem pada aplikasi ini digunakan untuk menandai penyakit di suatu daerah sehingga dapat dilakukan perbaikan inisiatif oleh pejabat kesehatan di daerah tersebut. HHS juga menggunakan produk sebagai alat audit untuk menentukan efektivitas sebuah inisiatif dan untuk dimanfaatkan untuk menyempurnakan iterasi  data yang didapatkan dari program sebelumnya.

Aplikasi DSS menggunakan prinsip pemrograman ontologis (atau "semantik" teknologi) untuk model geografis, memanfaatkan serangga, dan insektisida pada tanaman. Standardisasi populasi serangga memungkinkan data dari beberapa organisasi secara efektif dan dikombinasikan. 

Pemrograman ontologi memungkinkan query yang dinamis dan didapatkan data yang secara otomatis. Sehingga memberikan tingkat fleksibilitas yang tinggi, sebagai syarat dan hubungan untuk beradaptasi secara dinamis di lapangan untuk mengakomodasi kebutuhan baru. Ontologi geografis merupakan standarisasi istilah untuk fitur geografis. Standarisasi ini memastikan interoperabilitas data dan memungkinkan unuk sistem GIS untuk bekerja, bahkan dalam suatu kasus yang di mana bujur dan lintang suatu titik data tidak diketahui.
 
Sistem DSS menggunakan GIS untuk menangkap, menyimpan, dan menganalisis data yang terkait dengan lokasi geografis untuk menghasilkan sebuah peta sebagai alat visual. Sebuah peta yang dihasilkan terdiri dari satu atau lebih lapisan, dengan setiap lapisan didefinisikan oleh sebuah query yang dibuat di dalam DSS. Setiap Lapisan yang dihasilkan tersebut, dapat dilakukan overlay dan warna-kode ke dalam representasi yang berarti hubungan dan korelasi antara data dan lokasi geografis. Peta yang dihasilkan oleh perangkat lunak tersebut sangat membantu pejabat kesehatan masyarakat dalam membuat keputusan tentang pengendalian penyakit di suatu daerah.

Produk yang dikembangkan mampu menghasilkan laporan dan query dengan menggunakan data lokal saja atau data yang dikumpulkan di seluruh hierarki geografis dan pemerintah. Dengan begitu, pengguna akhir dapat menggunakan data dari fasilitas kesehatan di desa, kota, kabupaten, negara, atau regional, serta tingkat seluruh negeri. Organisasi kesehatan internasional berharap data DSS dapat dikumpulkan dan digunakan di semua tingkat negara di Afrika.

Kesimpulan:

  • DSS (Decision Support System) adalah aplikasi untuk membantu mengukur dampak dari inisiatif suatu penyakit di negara berkembang,
  • Aplikasi DSS menggunakan metode pemrograman ontologis dengan memanfaatkan data geografis, memanfaatkan serangga, dan insektisida pada tanaman,
  • Organisasi kesehatan internasional berharap Aplikasi DSS digunakan untuk pengumpulan Data di Afrika.

Post a Comment for "Aplikasi Pengambilan Keputusan Pelayanan Kesehatan untuk Negara Berkembang"