Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Negatif Operasi Pembesaran Payudara Wanita dan Solusinya

Resiko Operasi Pembesaran Payudara Wanita
Hampir semua wanita di dunia tentu ingin memiliki payudara dengan ukuran besar. Alasannya tentu saja untuk memperbaiki penampilan dan menambah rasa percaya diri, terutama bagi wanita yang sebelumnya kurang pede dengan bentuk tubuh yang dimiliki. Hal tersebut juga pasti diimpikan oleh Wanita yang baru saja menjalani operasi kanker payudara dan harus mengangkat payudara. Banyak diantara mereka beranggapan operasi pembesaran payudara adalah salah satu alternative yang tepat untuk mengembalikan rasa percaya diri dengan membentuk payudara agar terlihat sempurna.

Jenis Operasi Pembesaran Payudara dengan Implan

Sampai saat ini diketahui metode medis pembesaran payudara yang paling aman adalah dengan implant payudara. Implan payudara dibagi menjadi dua  yaitu saline (terbuat dari campuran air dan garam) dan silikon (terbuat dari bahan plastik sintetis). Pada tahun 1990 penggunaan silicon untuk memperbesar payudara dilarang, sehingga jenis pembesaran payudara dengan implant semakin banyak diminati. Karena ada larangan penggunaan implan silikon pada tahun 1990, implan saline semakin banyak.

Fungsi Implan Payudara

Penggunaan Implan berfungsi untuk menciptakan payudara pria yang menjalani operasi pergantian jenis kelamin, memperbaiki bentuk payudara wanita menjadi lebih besar dan kencang, serta mengembalikan bentuk payudara bagi wanita yang mengalami mastektomi atau operasi pengangkatan payudara.

Prosedur operasi Implan payudara 

Implan payudara dimasukkan di antara payudara dan otot dada atau tepat di belakang otot dada wanita atau pria. Lokasi sayatan untuk memasukan implant bisa sekitar puting, di bawah jaringan payudara atau di bawah ketiak. Waktu yang dibutuhkan untuk operasi implan payudara bervariasi  tergantung pada pengalaman dari ahli bedah, letak sayatan serta jenis implan. Operasi ini merupakan prosedur rawat jalan, dapat dilakukan di rumah sakit atau di tempat praktik dokter ahli bedah plastik.

Dampak Negatif Operasi Implan Payudara

Meskipun dianggap paling aman dan saat ini paling banyak digunakan untuk pembesaran payudara, masih saja ada efek buruk yang harus diperhitungkan setelah hal tersebut dilakukan. Beberapa dampak negatif dari memperbesar payudara dengan implant payudara adalah adalah sebagai berikut:

  • Penurunan kemampuan menyusui,  pengerasan payudara, gangguan sensasi puting, infeksi dan penumpukan kalsium sekitar implan payudara yang telah dimasukan.
  • Implan payudara memiliki batas pemakaian dan bukan untuk seumur hidup. Sehingga wanita atau pria yang melakukan implan payudara, harus kontrol secara rutin rutin agar terhindar dari risiko yang mematikan.
  • Implan payudara dapat pecah atau mengempis karena berbagai alasan, dengan Jangka waktu yang tidak dapat diperkirakan, namun ada tanda-tanda nyata yang dapat dilihat atau dirasakan ketika hal tersebut akan terjadi.  Tanda-tandanya adalah, payudara implan akan tampak lebih kecil atau tidak rata dan menimbulkan rasa sakit atau terbakar. Implan payudara tersebut pecah dikarenakan beberapa hal yang diantaranya adalah overfilling (mengisi implan terlalu banyak), kontraktur kapsuler (pembungkus silikon) dan penuaan implan.
  • Terjadi Infeksi payudara yang disebabkan oleh hematoma atau penggumpalan darah di sekitar implan. Dalam kasus infeksi yang parah, pengangkatan implan harus segera dilakukan agar infeksi tidak menyebar.
Dari beberapa dampak negative operasi pembesaran payudara dengan menggunakan implan tersebut, ada solusi yang lebih sehat dan aman untuk membesarkan payudara, yaitu dengan menggunakan cara yang alami.

Cara Alami Pembesaran Payudara 

Memang para ahli mengaku sulit memperbesar payudara dengan cara alami alami tanpa bantuan implan atau operasi plastik lainnya. Namun Beberapa cara dibawah ini bisa anda coba untuk meningkatkan ukuran dan bentuk payudara dan untuk menjaga kesehatan anda:

  • Latihan Otot-Otot Dada Latihan yang bekerja pada otot dada dapat meningkatkan ukuran payudara dengan meningkatkan ukuran otot pendukungnya, sehingga tampak lebih besar. 
  • Olahraga untuk melatih dan memperkecil otot Perut, Punggung dan Otot Bahu dapat membuat payudara tampak lebih padat dan naik. Gerakan ini dapat anda lakukan di tempat-tempat gym terdekat, dengan metode membantu payudara terlihat lebih besar dan melangsingkan daerah sekitar payudara. 
  • Konsumsi Produk Kedelai yang mengandung hormon phytoestrogen. Hormone ini diketahui dapat membantu meningkatkan ukuran payudara dengan aman dan tentu menyehatkan. Kedelai memberikan alternatif yang aman dan sehat untuk terapi hormone yang anda lakukan untuk memperbesar payudara secara alami. 
  • Melakukan pijat secara teratur (Meremas) bisa meningkatkan ukuran payudara. Hal ini dikarenakan pijat memiliki kemampuan untuk merangsang aliran darah di sekitar payudara.
Kesimpulan:
  • Implan payudara adalah metode medis paling aman untuk memperbesar payudara,
  • Meski paling aman menurut medis, namun operasi implant payudara juga menimbulkan efek samping yang negativ
  • Cara alami pembesaran payudara bisa dilakukan dengan metode yang lebih aman dan sehat.
Photo dari: breastenhancementadvice.org

Post a Comment for "Efek Negatif Operasi Pembesaran Payudara Wanita dan Solusinya"