Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Tepat Melakukan Senam Rematik



Belum banyak penderita rematik dan mungkin termasuk anda, mengenal senam rematik atau sakit sendi. Padahal apabila dilakukan dengan rutin, senam ini berguna untuk mengatasi rasa nyeri, meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh. Prinsip dasar di dalam melakukan Senam Rematik akan kami jelaskan dijelaskan pada materi di bawah ini. Namun, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, untuk mengetahui gerakan yang sesuai dengan Jenis Penyakit Rematik yang anda alami.

Prinsip Latihan Pernapasan

Duduk dengan nyaman dan tegakkan punggung Anda. Tarik napas melalui hidung hingga tulang rusuk terasa terangkat dan hembuskan napas melalui mulut seperti meniup lilin. Latihan ini sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri saat Gejala Rematik anda rasakan. Lakukan secara bertahap, minimal 4 set dengan jeda waktu 1-2 menit.

Prinsip Pemanasan 

Sebelum Melakukan Senam Rematik, sebaiknya anda melakukan pemanasan selama 5-10 menit. Pemanasan bisa dilakukan dengan peregangan ringan, bersepeda santai, atau berjalan.
Prinsip Latihan Persendian 

Beberapa contoh Gerakan untuk melatih senam persendian adalah sebagai berikut:
Sendi Leher

Tegakkan kepala, Putar kepala ke kanan perlahan lahan hingga kembali ke posisi semula. Lanjutkan dengan memutar kepala ke kiri secara perlahan-lahan hingga kembali ke posisi awal. Lakukan secara berulang.

Sendi Bahu

Mulai dengan posisi Berbaring yang nyaman dengan posisi lengan rileks di samping tubuh Anda. Angkat lengan kanan secara perlahan ke arah samping menjauhi tubuh Anda, kemudian kembalikan pada posisi semula. Ulangi gerakan tersebut untuk lengan kiri Anda. Lakukan secara bergantian antara lengan kiri dan kanan.

Mulailah dengan posisi siku ditekuk ke arah samping dan posisi telapak tangan menyentuh bahu. Gerakkan kedua siku Anda ke arah depan, hingga kedua siku saling menyentuh. Lanjutkan dengan menggerakkan siku hingga kembali ke posisi awal. Rasakan dada Anda tertarik ketika menarik siku kembali ke posisi awal.

Sendi Pinggul 

Berbaringlah dengan nyaman dengan posisi ujung tumit menempel. Jauhkan kaki kanan Anda secara perlahan dari tubuh, lalu kembalikan ke posisi awal. Lakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri.

Pergelangan Kaki

Putar pergelangan kaki kanan searah jarum jam secara perlahan kemudian lakukan arah sebaliknya (berlawanan jarum jam). Lakukan secara bergantian antara pergelangan kaki kanan dan kiri.

Pergelangan Tangan

Tekuk jari–jari tangan Anda, putar pergelangan tangan Anda searah jarum jam dan kemudian berlawanan dengan jarum jam.

Ruas Jari

Sentuh masing-masing jari tangan Anda dengan ibu jari. Ulangi hingga 5 kali.

Prinsip Latihan Kekuatan

Gerakan Senam Rematik ini bertujuan untuk melatih otot, dan dapat dilakukan sebanyak 3–5 set, dengan tenggang waktu istirahat 1-2 menit.

Seated cross legged press

Duduklah pada kursi yang diganjal bantal. Silangkan pergelangan kaki kanan di atas pergelangan kaki kiri. Tekan kaki kanan ke kaki kiri, dan di saat bersamaan, tekan kaki kiri maju melawan kaki kanan Anda. Tahan posisi ini selama 3-6 detik, lalu lepaskan. Ulangi dengan posisi pergelangan kaki kiri di atas pergelangan kaki kanan.

Pelvic tilt

Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Angkat panggul dari lantai dengan punggung atas dan tengah serta tangan tetap menyentuh lantai. Rasakan adanya kontraksi pada pantat dan perut Anda. Tahan posisi ini beberapa detik, sambil mengambil napas dalam-dalam dan secara perlahan.

Rubber band

Taruh karet gelang di kelima jari tangan Anda. Rentangkan jari-jari Anda selebar yang Anda bisa. Setelah itu, lepaskan tekanan dari karet gelang tersebut dan kembali ke posisi awal secara perlahan.

Prinsip Latihan Kardio

Latihan ini dilakukan untuk kesehatan jantung dan meningkatkan stamina. Latihan ini dapat berupa jalan cepat, berlari, berenang, aerobik, dan bersepeda. Lakukan latihan selama 30-45 menit dengan pemanasan selama 5-10 menit.

Prinsip Peregangan

Gerakan Senam Rematik ini dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot. Agar lebih rileks, anda bisa menggunakan iringan music yang lembut.

Dengan melakukan Senam Rematik tersebut secara rutin, diharapkan rasa sakit akibat penyakit Rematik yang anda derita akan berkurang. Selain itu, kesehatan tubuh anda tentu akan lebih meningkat. Hal tersebut tentu harus disertai dengan pengobatan yang lain dan menghindari Makanan Berbahaya untuk Penderita Rematik. Dengan usaha, pengobatan, dan perawatan yang tepat hidup anda sebagai penderita Rematik akan lebih bermakna.

Kesimpulan:
  • Senam Rematik berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada penderita Gejala Rematik,
  • Gerakan Senam Rematik begitu sederhana dan mudah dilakukan bahkan untuk Orang Tua,
  • Agar hasil maksimal, gerakan senam yang tepat harus disesuaikan dengan jenis Penyakit Rematik yang diderita.

Post a Comment for "Metode Tepat Melakukan Senam Rematik "