Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Test Down Syndrom Bayi

Down Syndrom adalah salah satu penyakit yang disebabkan kelainan pada kromosom yang merupakan serat-serat khusus yang terdapat didalam setiap sel didalam badan manusia. Serat-serat khusus ini terdapat bagan-bagan genetik yang menentukan sifat-sifat seseorang. Down syndrom juga sering disebabkan oleh hasil penyimpangan kromosom saat konsepsi.

Ciri utama kelainan struktur muka dan satu atau ketidakmampuan fisik dan juga waktu hidup yang singkat. Bayi normal dilahirkan dengan jumlah 46 kromosom (23 pasang) yaitu hanya sepasang kromosom 21 (2 kromosom 21). Sedangkan bayi dengan Kelainan Down Syndrom terjadi disebabkan kelebihan kromosom 21 dimana 3 kromosom 21 menjadikan jumlah kesemua kromosom ialah 47 kromosom.

Penyebab Down Syndrom

Ibu hamil dengan usia diatas 35 tahun, mempunyai risiko yang lebih tinggi melahirkan anak dengan kelainan Down Syndrom. Dan diketahui bahwa 95% penderita down syndrom disebabkan oleh kelebihan kromosom 21, yang disebabkan oleh non-dysjunction kromosom yang terlibat yaitu kromosom 21. Hal ini menyebabkan proses pembagian sel secara mitosis pemisahan kromosom 21 tidak berlaku dengan sempurna. 

5 % penderita down syndrom disebabkan oleh mekanisma yang dinamakan Translocation. Hal ini disebabkan pemindahan bahan genetik dari kromosom 14 kepada kromosom 21. Bilangan kromosomnya normal yaitu 23 pasang atau berjumlah 46 kromosom. Untuk penyebab yang kedua ini biasanya terjadi pada bayi yang dilahirkan dari ibu-ibu dengan umur yang terlalu muda.

Ciri-ciri Down Syndrom

Adapun bayi atau anak-anak yang mempunyai kelainan Down Sindrom mempunyai ciri-ciri fisik yang unik, diantaranya adalah:
  • Ciri fisik pada kepala, muka dan leher : Mereka mempunyai muka yang mirip dengan muka orang Mongol. Pangkal hidungnya lembek. Jarak 2 mata jauh dan berlebihan kulit di sudut dalam.
    Ukuran mulut kecil sedangkan ukuran lidah yang besar menyebabkan lidah selalu terjulur. Pertumbuhan gigi lambat dan tidak teratur. Letak telinga lebih rendah, mempunyai bentuk kepala lebih kecil dan agak lebar dari bagian depan ke belakang dan Lehernya agak pendek.
  • Ciri fisik pada tangan dan lengan : Jari-jari penderita Down Sindrom biasanya pendek dan jari kelingking membengkok ke dalam. Tapak tangan biasanya hanya mempunyai satu garisan urat dinamakan "simian crease".
  • Ciri fisik pada kaki: Kaki penderita Down Sindrom agak pendek dan jarak di antara ibu jari kaki dan jari kaki kedua agak jauh terpisah.
  • Sifat pada otot : penderita Down Sindrom mempunyai otot yang lemah, sehingga menyebabkan kondisi tubuh lebih lemas dan menghadapi masalah dalam perkembangan motorik yang kasar
Resiko Permasalahan Jantung pada penderita Down Sindrom:
  • Masalah yang sering mengikuti kelainan Down Sindrom jantung adalah jantung berlubang seperti Ventricular Septal Defect (VSD). Dimana kondisi jantung yang berlubang diantara bilik jantung kiri dan kanan atau Atrial Septal Defect (ASD) yaitu jantung berlubang diantara atria kiri dan kanan. Masalah lain adalah termasuk salur ateriosis yang berkekalan (Patent Ductus Ateriosis / PDA).
Masalah Perkembangan Belajar 

Anak-anak penderita down syndrom secara keseluruhan mengalami keterbelakangan perkembangan dan kelemahan akal. Mereka mengalami masalah lambat dalam semua aspek termasuk untuk berjalan, perkembangan motor halus dan berbicara. Mereka juga mempunyai sifat periang dan Perkembangan motor kasar mereka lambat. Hal tersebut disebabkan karena otot-otot yang lembek tetapi mereka akhirnya berjaya melakukan hampir semua pergerakan kasar.

Deteksi Dini saat Masih di Dalam Rahim

Selama 20 tahun terakhir, teknologi baru meningkatkan metode deteksi kelainan janin, termasuk Down Sindrom pada Bayi. Bahkan saat ini Test dapat dilakukan sejak dalam kehamilan. Hal tersebut dilakukan dengan skrening dan tes diagnostik. Dalam, hasil positif tes diagnostik Down Sindrom berarti kemungkinan besar pasien menderita penyakit atau kondisi yang memprihatinkan. 

Kesimpulan:
  • Down Sindrom disebabkan karena adanya kelainan kromosom manusia,
  • Gejala Down Sindrom bisa dicermati pada ciri-ciri fisik,
  • Test Down Sindrom bisa dilakukan ketika masih dalam kandungan.

Post a Comment for "Penyebab dan Test Down Syndrom Bayi"