Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Vitamin untuk Tubuh

Waktu Tepat Konsumsi Vitamin
Banyak orang bahkan di beberapa Web Site Kesehatan mengatakan, Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Vitamin adalah pada malam hari. Ada juga yang mengatakan, mengkonsumsi vitamin sebaiknya disertai makanan padat. Namun Barbara Paulsen, Pemimpin Redaksi Majalah Health mengatakan, bahwa sebenarnya konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja begitu anda mengingatnya. Hal ini disebabkan karena manfaat yang diperoleh apabila dibandingkan mengonsumsi vitamin secara teratur, hanya sedikit.

Namun untuk anda yang berencana untuk Mengkonsumsi Vitamin secara rutin, ada baiknya menyimak beberapa tips Mengkonsumsi Vitamin untuk kesehatan Tubuh: 

  • Konsumsi vitamin bersama makanan padat atau setelah makan untuk membantu proses penyerapan oleh tubuh.
  • Pil zat besi akan berdampak keras bagi perut. Maka untuk mengurangi efek buruk yang ditimbulkan, sebaiknya anda mengonsumsinya bersama makanan. Zat besi bisa anda dapatkan dari sumber hewani seperti; Daging merah, Daging unggas, Hati (ayam/sapi), Telur, Ikan tuna, sarden, salmon, Kerang-kerangan.

Sedangkan untuk sumber zat besi dari tumbuhan adalah; Bayam, Brokoli, Tahu (kedelai), Sereal, Kentang, Winter squash, Buah-buahan yang dikeringkan (kismis,prune, apricot).
  • Vitamin E biasanya banyak mengandung lemak. Sehingga Untuk memperoleh manfaat lebih besar, sebaiknya mengkonsumsi Vitamin E tersebut bersama dengan segelas susu. Apabila tubuh anda kekurangan Vitamin E maka terjadi ganguan Proses pembelahan sel darah merah (hemolisis eritrodit). Kondisi ini menyebabkan gangguan pada sistem syaraf dan otot. Gejala yang dirasakan adalah nyeri yang menetap pada otot betis sehingga anda akan kesulitan berjalan. Namun apabila tubuh anda kelebihan vitamin E yang bisa didapat dari susu, mentega, sayuran hijau, selada, kacang-kacangan, telur, dan buah-buahan. Anda dapat mengalami keracunan, dengan efek sakit kepala, lemah, selalu lelah dan pusing yang disertai gangguan penglihatan.
  • Sebaiknya anda mengonsumsi kalsium dengan dosis 300 mg atau kurang, dibandingkan dengan mengkonsumsi kalsium dalam jumlah besar sekaligus. Dan sebaiknya anda menambah dosis 10 persen apabila mengonsumsi kalsium bersama makanan atau biji-bijian, sehingga lebih maksimal.

Kesimpulan:
  • Banyak yang mengatakan Waktu yang Tepat untuk Mengkonsumsi Vitamin adalah pada siang dan sore hari,
  • Konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja, namun tetap dalam batasan normal yang mampu diterima oleh tubuh,
  • Berbagai sumber vitamin tidak harus anda dapatkan dari multivitamin, namun bisa dari sumber hewani dan tumbuhan.

Post a Comment for "Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Vitamin untuk Tubuh"