Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala dan Pengobatan Kanker Mulut



Kanker mulut adalah kanker yang menyerang pada salah satu bagian-bagian mulut, seperti dinding mulut, gusi, bibir, langit-langit mulut, lidah, atau di bagian dasar mulut. Kanker mulut yang berada di bagian lidah terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah tersebut akan berlubang dan semakin lama akan bertambah besar. Sedangkan jenis kanker mulut yang menyerang gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi membengkak.

Penyebab Kanker Mulut

Penyebab Kanker Mulut tentu saja disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dan membuat gangguan pada jaringan kepala dan leher. Sel-sel tubuh manusia yang normal memiliki siklus hidup-mati. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada sel penyebab kanker mulut. Sel Kanker terus bermutasi, menyebar, dan menyerang organ-organ sekitar sehingga menyebabkan kondisi abnormal pada mulut. Resiko Kanker Mulut akan semakin meningkat pada anda perokok dan pengkonsumsi alcohol.

Gejala Kanker Mulut

Gejala awal kanker mulut dapat terlihat dari sejumlah ketidaknormalan yang terjadi pada mulut. Seperti pembengkakan pada salah satu bagian mulut, perdarahan yang tidak jelas sebabnya (termasuk pendarahan gusi), timbulnya rasa nyeri di bagian yang diserang sel kanker, sulit untuk mengunyah atau menelan makanan, bahkan sulit berbicara.

Pencegahan Kanker Mulut

Pencegahan Kanker Mulut yang paling mudah bisa dihindari dengan menghindari makanan dan minuman yang masih panas. Bersihkan bagian mulut setelah makan dengan berkumur atau menggosok gigi. Jaga stamina dan kondisi badan dengan olah raga rutin dan makan-makanan yang bergizi.

Pengobatan Kanker Mulut

Apabila anda, salah satu keluarga atau orang terdekat anda terlanjur terkena kanker mulut, Pengobatan secara medis yang bisa dilakukan berdasarkan seberapa parah kanker mulut dan tingkat penyebarannya. Pengobatan ini dilakukan untuk menghancurkan sel kanker dengan cara  radioterapi, kemoterapi dan pembedahan. Namun memang cara-cara tersebut memang membutuhkan biaya yang mahal dan dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh anda.

Ringkasan:

  • Kanker Mulut adalah salah satu jenis kanker yang menyerang salah satu bagian mulut,
  • Pengobatan Kanker mulut sangat mahal dan menimbulkan efek samping,

Post a Comment for "Gejala dan Pengobatan Kanker Mulut"